Tanggul Jebol di Sragi Jadi Perhatian Nanang Ermanto

0

Nusantara9news.com, LAMPUNG SELATAN – Meluapnya air sungai Way Sekampung saat hujan lebat ditambah naiknya air laut, mengakibatkan tanggul di Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi jebol dan menjadi perhatian Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto.

Saat meninjau tanggul, Nanang berjanji akan secepatnya memperbaiki tanggul yang jebol. Bahkan ia juga meminta para pengusaha tambak udang ikut peduli dalam memperbaiki tanggul.

“Pengusaha yang memiliki tambak udang disini, juga harus ikut bergotong-royong memperbaiki tanggul. Jangan hanya mau ambil untungnya saja. Mereka harus punya rasa keadilan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” harap Nanang Ermanto, Kamis (25/6/2020).

Orang nomor satu di Lamsel ini menambahkan, sebagai pemimpin harus terjun ditengah masyarakat. Selama menjadi Pelaksana tugas (Plt) Bupati hingga sekarang, banyak kejadian mulai banjir, tsunami selalu menjadi perhatiannya.

“Sudah seharusnya pemimpin itu hadir ditengah-tengah masyarakat. Saya tidak biasa hanya menerima laporan tanpa mengecek langsung ke lapangan. Kalau sudah di lapangan, saya tahu apa yang harus dilakukan,” imbuh Nanang.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Lamsel, Bibit Purwanto mengatakan, jebolnya tanggul akibat pendangkalan (Sedimentasi) yang ada pada aliran sungai. Akibatnya saat air laut naik dan air dari sungai meluap, membuat tanggul tidak kuat menahan air.

“Pesan Bapak Bupati, tanggul ini segera diperbaiki agar tidak merugikan masyarakat khususnya petani dan pemilik tambak. Dalam waktu dekat akan segera diperbaiki dengan alat yang dimiliki Pemkab Lamsel,” kata Bibit.

Kepala Desa Bandar Agung, Syamsul Bahri, mengaku sangat berterima kasih atas kunjungan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dan berjanji akan memperbaiki tanggul jebol.

“Terima kasih Pak Bupati atas kunjungan dan memperhatikan apa yang jadi masalah di lapangan. Mudah-mudahan dengan diperbaiki tanggul, masyarakat kami tidak lagi menjadi korban banjir,” kata Syamsul Bahri. (zal)