Sholat Idul Fitri di Kampung Halaman, Nanang Tetap Jaga Protokol Kesehatan

0

LAMPUNG SELATAN – Momentum hari Raya Idul Fitri 1443 H yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 M, menjadi momentum yang paling membahagiakan bagi semua umat muslim di Indonesia.

Pasalnya, setelah dilanda pandemi selama 2 tahun terakhir, tahun ini menjadi tahun pertama dilaksanakannya sholat Idul Fitri secara berjama’ah. Namun demikian, dalam pelaksanaannya juga harus diiringi dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Pada perayaan hari kemenangan umat islam ini, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bersama Istri Hj. Winarni dan keluarga, melaksanakan sholat Idul Fitri berjama’ah di Lapangan PTPN VII Dusun 1 A Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang, Senin (2/5/2022).

Hadir juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, S.Sos., M.M., beserta jajaran pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin.

Sementara, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa melakanakan sholat Idul Fitri 1443 H di Lapangan Korpri, Pemerintah Daerah Lampung Selatan.

Dalam sambutan nya Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan rasa terimakasih kepada para tokoh agama, panitia dan jama’ah sholat Idul Fitri Desa Way Galih yang telah menyiapkan tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri 1443 H.

Melalui kumandang takbir kemenangan bagi kaum muslimin di seluruh penjuru Dunia, Nanang mengajak seluruh masyarakat agar menyambut kemenangan Hari Raya Idul Fitri, sebagai esensi bagi seluruh kaum muslim menuju kesucian, kemurnian sesuai fitrah manusia.

“Alhamdulillah untuk saat ini Kabupaten Lampung Selatan telah masuk dalam level dua, dengan dikeluarkan Imendagri No. 23 Tahun 2022 tanggal 25 April Lampung Selatan telah ditetapkan PPKM Level II,” ujar Nanang.

Nanang juga mengungkapkan, sangat merasa senang dan haru bisa melakasakan sholat idul Fitri secara berjamaah dengan warga masyarakat Desa Way Galih yang merupakan desa tempat tinggal Bupati Lampung Selatan.

“Pemerintah telah memberikan kelonggaran dalam melaksanakan aktifitas dan mudik lebaran tahun ini, jadi ini saya juga mudik di kampung halaman saya Desa Way Galih, kita patut bersyukur kepada Allah SWT, Pemerintah dalam hal ini pasca pandemi Covid-19 selama dua terakhir ini telah memberikan kelonggaran dalam melaksanakan aktifitas dan kegiatan, sehingga kita semua dapat melaksanakan Ibadah sholat Idul Fitri 1443 H, secara berjama’ah, namun demikian kita juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Nanang juga berharap, kasus COVID-19 di kabupaten Lampung Selatan tidak meningkat drastis setelah Lebaran tahun ini, dan semoga pada momen lebaran Idul Fitri ini semakin meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

Melalui suasana Idul Fitri yang penuh bahagia ini, dirinya juga mengajak seluruh umat muslim untuk membangun ukhuwah islamiyah sekaligus ukhuwah wathaniyah untuk membangun kedewasaan dan toleransi, saling menghargai dan menghormati antar umat beragama. Dengan demikian, Kabupaten Lampung Selatan dapat tetap aman, kondusif dan tetap dalam lindungan Allah SWT.

“Melalui kesempatan yang berbahagia ini, dari lubuk hati yang paling dalam atas nama Pemerintah Daerah, pribadi dan keluarga saya menyampaikan permohonan maaf yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Kabupaten Lampung Selatan atas segala kesalahan, kekeliruan dan kekhilafan yang mungkin telah saya lakukan selama memimpin Kabupaten ini, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin,” ungkapnya.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya kepada kita sekalian untuk membangun Kabupaten Lampung Selatan yang lebih maju,” ungkapnya lebih lanjut. (*Sumber : lampungselatankab.go.id)