Selasa, April 16, 2024
spot_img

Latest Posts

Semarak Way Sulan Fair Berlangsung Meriah dan Dapatkan Antusias Tinggi dari Masyarakat

LAMPUNG SELATAN – Semarak Way Sulan Fair 2022 berlangsung secara meriah, bahkan pembukaan ini mendapatkan antusias tinggi dari seluruh lapisan masyarakat, Rabu (27/7/2022).

Perayaan Way Sulan Fair 2022 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kecamatan Way Sulan ke-15 tahun, terlihat semakin meriah diwarnai dengan kembang api yang menghiasi langit Lampung Selatan.

Event yang belangsung di Lapangan Diponogoro Desa Karang Pucung, Kecamatan Kecamatan Way Sulan ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin beserta jajaran perangkat daerah.

Hadir juga Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Way Sulan, Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Hj. Winarni Nanang Ermanto dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Yani Thamrin.

Camat Way Sulan Munir, SE mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya Way Sulan Fair 2022 adalah untuk kembali menggeliatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, sekaligus promosi potensi desa dan pameran produk UMKM dan IKM setempat.

Dirinya menyampaikan, Way Sulan Fair 2022 akan dilaksanakan selama 4 hari kedepan, dengan menampilkan berbagai produk hasil para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) setempat, serta terdapat pula pelayanan masyarakat dari UPTD Way Sulan dan Disdukcapil.

“Adapun maksud dan tujuan kami menggelar kegiatan Pameran UMKM dan IKM adalah untuk meningkatkan perekonomiam yang ada di kecamatan way sulan. Mudah-mudahan melalui kegiatan malam ini dapat dilihat oleh pengunjung, sehingga pengunjung bisa tertarik dan membeli produk lokal,” katanya.

Munir menyampaikan, event Way Sulan Fair sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2018 lalu. Namun, karena pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia selama 2 tahun terakhir, event Pameran UMKM dan IKM ini sempat tertunda dan bafu bisa dilaksanakan kembali pada tahun 2022.

“Pada tahun 2018 pernah dilaksanakan Way Sulan Fair, namun hanya beberapa tenda. Ternyata masyarakat respon, tapi karena COVID-19 kami tidak bisa melaksanakannya. Alhamdulillah pada Semarak Way Sulan Fair yang ke-15 ini banyak sekali yang hadir. Yang paling berkesan adalah bapak ibu bupati, sekda, asisten dan OPD bisa hadir semua disini,” ujarnya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi atas terselenggaranya event Way Sulan Fair 2022 tersebut. Dirinya berharap agar Kecamatan Way Sulan bisa menjadi pilot project dalam penyelenggaraan Pameran UMKM dan IKM yang akan berlangsung di 17 Kecamatan.

“Alhamdulillah hari ini kita menyaksikan sendiri, dengan kebersamaan kita bisa membuat tempat untuk menyajikan UMKM yang ada di Lampung Selatan. Rangkaian ini pas programnya, Pemda mengupayakan bagaimana UMKM bangkit. Daerah-daerah banyak mengalami kehancuran ekonomi,” ujar Nanang.

Nanang mengungkapkan, produk-produk unggulan hasil UMKM dan IKM yang dipamerkan di Way Sulan Fair 2022, nantinya akan kembali dijajakan pada Lampung Selatan Expo 2022 guna menarik para investor sekaligus dipromosikan ke masyarakat luas.

Mengingat, UMKM dan IKM bisa menjadi tulang punggung utama dalam percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di suatu wilayah.

“Untuk membangkitkan ekonomi, melalui UMKM dan IKM, pemerintah daerah nanti akan mengumpulkan UMKM yang ada. Kami akan kunjungi satu persatu stand yang ada di Way Sulan Fair 2022. Ini tugas kita semua, bagaimana produk UMKM ini dinaungi, bagaimana produk ini dipatenkan,” jelasnya.

Namun demikian, Nanang juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 disetiap kegiatan. Mengingat, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir.

“Bapak ibu sekalian COVID-19 ini belum selesai, maka saya pesan kepada tokoh masyarakat, tokoh pemuda, prokes tetep kita jaga, supaya aktifitas kita tetap bisa berjalan. Vaksin booster yang ke-3, saya pinta nanti capaian vaksin ini bisa mencapai target yang ditentukan pemerintah pusat, sehingga kegiatan seperti kni bisa kita laksanakan dengan baik,” kata Nanang. (sumber: kominfolamsel)

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.