Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Latest Posts

Polres Tanggamus Gelar Pengamanan Pemeriksaan Swab Tim Medis Petugas Pelindo di Kepanduan Kota Agung

Nusantara9news.com, TANGGAMUS – Tim medis Puskesmas Kota Agung melakukan pemeriksaan swab/swab test kepada TMS (65), seorang karyawan PT. Pelindo Kepanduan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus di mess Kepanduan Kota Agung, Jumat (22/05/2020) siang.

Petugas medis mengenakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap mendatangi mess PT. Pelindo Stasiun Kepanduan Kota Agung, di komplek Pelabuhan Kota Agung, dimana TMS melakukan isolasi mandiri usai diketahui hasil rapid test Covid-19 di KKP Panjang pada tanggal 20 Mei 2020 lalu dinyatakan reaktif.

Dalam pemeriksaan itu, petugas medis mengambil cairan tenggorokan TMS untuk kemudian dibawa ke Puskesmas Kota Agung.

Selain itu, petugas juga langsung melakukan rapid test terhadap 3 sejawat TSM yang bertugas di Stasiun Kepanduan Kota Agung, yang diketahui hasilnya negatif. Kemudian petugas medis juga melakukan penyemprotan disinfektan di kamar dan bagian-bagian mess Stasiun Kepanduan.

Tampak di lokasi petugas Kapolsek Kota Agung Polres Tanggamus AKP Muji Harjono, SE bersama TNI dan Personelnya melaksanakan pengamanan.

“Pengamanan secara terbuka dan tertutup guna memastikan kegiatan berlangsung sesuai rencana,” kata AKP Muji Harjono mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK. MM disela kegiatan.

Menurut dr. Benson Gisting selaku Kepala UPT Puskesmas Kota Agung, pemeriksaan swab itu dua kali, hari ini yang pertama, sebab besok juga akan dilakukan pemeriksaan swab kedua kepada TMS.

Dikatakan Benson, sampel pemeriksaan swab berupa cairan atau lendir tenggorokan ini akan dikirim oleh Dinas Kesehatan Tanggamus ke Dinas Kesehatan Lampung, selanjutnya dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

“Biasanya paling cepat tiga hari hasil swab sudah bisa diketahui,” terangnya.

Sementara sambil menunggu hasil swab keluar, TMS menjalani karantina mandiri di mess Stasiun Kepanduan Kota Agung.

Terpisah, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani membenarkan, bahwa TMS yang merupakan karyawan PT. Pelindo dilakukan Swab Test berbarengan dengan warga yang kontak erat dengan almarhum pasien kasus 01 yang merupakan warga Pulau Panggung.

Menurut Bupati, TMS belum dinyatakan Positif Covid-19, namun baru dinyatakan positif hasil rapid testnya atau hasil rapid test reaktif.

“Untuk saat ini, beliau sudah sedang melaksanakan isolasi mandiri di Mess Pelindo dengan segala sesuatunya, logistik makanan akan disediakan oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Tanggamus,” tegas Bupati usai melakukan pemeriksaan Pemeriksaan Ruang Isolasi RSUD Batin Mangunang dan Ruang Isolasi Cadangan yakni Asrama Islamic Center Kota Agung bersama Forkopimda, Jumat (22/5/2020) siang. (andiraya)

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.