Polres Tanggamus Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Terinfeksi Covid-19

0

Nusantara9news.com, Kota Agung – Guna menguasai tata cara pemulasaraan jenazah terinfeksi Covid-19, Polres Tanggamus menggelar pelatihan yang di gelar di Aula Paramasatwika, Kamis (6/8/2020).

Pelatihan dibuka oleh Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK yang didampingi oleh Wakapolres Kompol Heti Fatmawati, SH. SIK.

Kegiatan dihadiri sejumlah tokoh agama, pejabat utama Polres, perwakilan TNI, BPBD, Pol PP serta perwira, Kapolsek jaaran serta personel Polres.

Materi pelatihan diisi materi oleh KUPT Puskesmas Talang Padang yang juga merupakan Jubir GTPP Covid-19 Kabupaten Tanggamus Dr. Eka yang didampingi beberapa dokter lainnya.

Rangkaian pelatihan dimulai pembukaan sambutan oleh Kapolres AKBP Oni Prasetya, materi fiqih pengurusan jenazah terinfeksi Covid-19 oleh Ismail, S.Ag. M.AG asal Kemenag Tanggamus.

Selanjutnya, pemaparan oleh tim dokter tentang prosedur penggunaan perlengkapan petugas Covid-19, tata cara pemulasaraan jenazah terinfeksi Covid-19 serta sesi tanya jawab.

Usai sesi tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni proses pemulasaraan jenazah yang diikuti oleh 5 personel Polres Tanggamus yang telah ditunjuk.

Kabag Sumda Polres Tanggamus Kompol IGK. Wibawa selaku panitia pelaksana mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan satu pelatihan dan pengetahuan dalam rangka kesiapan personel Polres Tanggamus membantu masyarakat dalam pemulasaraan jenazah terinfeksi Covid-19.

Namun atas hal itu, pihaknya tidak berharap ada jenazah terinfeksi Covid-19, sehingga kesempatan itu Kabag mengajak berdoa agar wabah Covid-19 tidak terjadi di wilayah Kabupaten Tanggamus dan pademi Covid-19 segera hilang.

“Kami tidak mengharapkan adanya jenazah terinfeksi Covid-19 di wilayah Tanggamus. Namun ini merupakan ilmu pengetahuan dalam pemulasaraan jenazah terinfeksi Covid, sehingga apabila dibutuhkan tidak dadakan sebab telah memahami prosedur maupun protokolnya,” kata Kompol IGK. Wibawa mewakili Kapolres AKBP Oni Prasetya usai kegiatan. ( andi jaya)