Peringati Harkop Ke-73, Dinas K2UKM Majalengka : Optimisme Ditengah Pesimisme Koperasi

0

 

Kadis K2UKM Majalengka Dr. Ir. H. Sadili M.Si. Kamis, 10/9/2020)

MAJALENGKA, NUSANTARANEWS.COM – Koperasi Wanita Al Barokah yang beralamat di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi disebut menjadi salah satu koperasi yang mampu menciptakan motivasi optimis ditengah pesimisme keberadaan koperasi.

Harapan tersebut disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan memperingati Hari Koperasi (Harkop) Ke-73, mengusung tema “Melalui Koperasi Kita Tingkatkan Ketahanan Ekonomi Rakyat Majalengka” berlangsung di Lapangan Serbaguna Setda Kabupaten Majalengka. Kamis, (10/09/2020)

“Jumlah kepesertaan yang hanya ada 267 orang, tapi dalam mengelola koperasi diantara seluruh jajaran pengurus dan anggotanya telah berhasil menghimpun aset hingga Rp. 3 (tiga) miliar dengan keberhasilan Sisa Hasil Usaha (SHU) dalam setahun telah mencapai hampir Rp. 400 juta,” kata, Kepala Dinas K2UKM Majalengka Dr. Ir. H. Sadili, M.Si.

Menurutnya, jadi atas data itu pihaknya mendalami secara mendalam melalui wawancara guna mempelajari dari keberhasilan tersebut.

“Setelah dipelajari ternyata konsepnya sangat sederhana yaitu ada dua hal yang paling mendasar, kejujuran dan kehati-hatian,” ungkapnya.

Kadis menjelaskan, seperti jujur dalam pengelolaan keuangan atau pihak jajaran pengurus yang akan menyalurkan kepada anggotanya. Sedangkan kehati-hatian itu, tidak mudah untuk ikut menjadi kepesertaan.

“Ada pengalaman disana yang disampaikan, meskipun diketahui sekalipun dirinya sebagai pejabat yang akan bergabung menjadi calon kepesertaan belum tentu bisa diterima menjadi peserta baru,” jelasnya.

Diakhir dia berharap, dapat diambil kesimpulan bahwa keberhasilan konsep yang diterapkan itu bisa dijadikan acuan motivasi yang sangat optimis ditengah pesimisme masyarakat akan keberadaan koperasi. ** (Sigit)