Pemkab Majalengka Gelar Musrenbang RKPD 2021, Ini Prioritasnya

0

NUSANTARA9NEWS.COM, MAJALENGKA, – Bupati Majalengka H Karna Sobahi menyampaikan tiga prioritas dalam gelaran Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 di Gedung Yudha Abdi Negara, Pendopo Majalengka, Jawa Barat. Senin, (17/03/2020)

Diantaranya, kesehatan, pendidikan dan budaya pariwisata dengan peningkatan kinerja. Diharap akan dapat memberikan pelayanan serta meningkatkan kinerja menuju kearah kesejahteraan.

Pada kesempatan itu, bupati juga memaparkan prihal situasi peristiwa¬†¬† yang terjadi saat ini yakni terkait wabah Covid 19 untuk dijadikan perhatian pemerintah guna menganggarkan anggaran tambahan khusus bagi tenaga ahli medis. “Pemerintah akan menyiapkan anggaran tambahan sebesar Rp. 215 ribu perhari,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbangda) Yayan Somantri dalam laporannya mengatakan bahwa prioritas pembangunan di Kabupaten Majalengka.

“Ada tiga daya dukung kuat untuk Kabupaten Majalengka yaitu pendidikan, kesehatan, dan budaya pariwisata,” sebutnya.

Tahapan Musrenbang 2021, Yayan menjelaskan ini atas dasar usulan melalui tingkat forum Musyawarah Rencana Dusun (Musrendus), Musyawarah Rencana Desa (Musrendes) dan Musrenbang dengan mengusung tema ‘Kegiatan pemantapan pembagunan infrastrukur dan potensi,’

“Rencana usulan dari total 5200 yang disampaikan, tahapan musrenbang 2021 ada 1240 usulan dengan nilai kurang lebih Rp. 7.7 triliyun dan dari sekian yang diusulkan tidak ada batas guna mewujudkan Majalengka Raharja,” jelasnya.

Yayan menambahkan, angka kemiskinan terus mengalami penurunan dalam kurun waktu tahun 2017 – 2019 yaitu dengan jumlah total 150.260 jiwa atau 12.60 persen.

“Pada tahun 2017 menjadi 129.290 jiwa atau 10.79 persen, 2018 dengan jumlah 121.060 jiwa atau 10.06 persen dan itu sudah menunjukan bahwa program penanggulangan efektif dengan berkurangnya angka kemiskinan di Kabupaten Majalengka,” pungkasnya.

Hadir dalam acara itu, Sekda Majalengka Drs.H.Eman Suherman,MM, Ketua DPRD Majalengka Drs.H.Edy Anas Djunaedi,MM, Kepala Bappelitbangda Drs.H.Yayan Somantri,MSi dan jajarannya, kepala OPD, Camat se-Kabupaten Majalengka serta dihadiri Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawan Keuangan Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Bahri, SSTP, MSi. ** (Sigit)