Rabu, Juni 12, 2024
spot_img

Latest Posts

Mulai Padat, Penumpang dari Sumatera Menuju Jawa Mulai Meningkat

LAMPUNG SELATAN – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah siap menghadapi arus balik Lebaran, yang akan dimulai H+1 pada Senin (24/4) hingga H+9 pada Selasa (2/5). Pada hari Lebaran, trafik kendaraan dan penumpang mulai ramai mengalir, tercatat 30.668 orang dan 6.039 unit kendaraan telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pada hari H Lebaran terpantau pergerakan penumpang dan kendaraan di lintas Merak – Bakauheni ramai mengalir di kedua sisi.

“Ada dua tipe pergerakan di hari H Lebaran, mulai dari pemudik dengan tujuan atau jarak tempuh yang dekat untuk bersilaturahmi dengan keluarga, namun ada juga pergerakan menuju tempat wisata,” ujar Shelvy.

Dilaporkan, pada hari Lebaran kemarin terjadi peningkatan arus kendaraan dari Bakauheni menuju Merak, yang diperkirakan banyak pengguna jasa yang memilih untuk menyeberang setelah melakukan Ibadah Sholat Ied.

Berdasarkan data Posko Bakauheni selama 24 jam (periode 22 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 23 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau HH, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 29 unit kapal.

Adapun realisasi total penumpang mencapai 30.668 orang atau naik 3% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 29.674 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 6.039 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada HH atau naik 2% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 5.899 unit.

Total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga HH tercatat 416.699 orang atau naik 6% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 393.421 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 79.762 unit atau naik 2% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 78.062 unit.

Sebaliknya, data Posko Merak pada (24 jam) HH realisasi total penumpang mencapai 66.992 orang atau naik 3% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 64.870 orang. Adapun total seluruh kendaraan tercatat 14.413 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada HH atau naik 2% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 14.143 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-10 hingga HH tercatat 920.054 orang atau naik 3% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 894.063 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 213.737 unit atau naik 2% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 209.460 unit.

*Pengalihan Pelayanan Pelabuhan Perbantuan*
Shelvy mengatakan, sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan, akan dilakukan pengalihan pelayanan pelabuhan sesuai tipe kendaaran. Penyeberangan pada lintas Bakauheni-Merak akan diberlakukan aturan khusus untuk setiap golongan kendaraan.

Dimulai sejak tanggal 24 April 2023 hingga 30 April 2023, Pelabuhan Bakauheni akan melayani penyeberangan pejalan kaki, kendaraan roda dua, roda empat, bus, dan truk golongan VB. Sedangkan untuk pelayanan kendaraan truk golongan VI B, VII, VIII, dan IX akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Indah Kiat. Kemudian, tambahan layanan kendaraan roda dua juga akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak tanggal 29 sampai 30 April 2023.

Sekanjutnya, kepada seluruh pengguna jasa agar mempersiapkan perjalanan dengan kapal ferry, termasuk layanan arus balik Lebaran.
ASDP telah membuka penjualan tiket ferry periode Angkutan Lebaran 2023 sejak 60 hari sebelumnya. Pengguna jasa khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, dapat memesan tiket ferry untuk arus balik Lebaran mulai dari sekarang karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan.

“Ingat bahwa sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan. Mohon agar persiapkan perjalanan lebih awal, beli tiket via aplikasi atau agen resmi, dan pastikan wajib sudah memiliki tiket 1 hari sebelum keberangkatan atau sebelum tiba di pelabuhan,” tutur Shelvy.

Demi kenyamanan para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Pengguna jasa perlu memastikan seluruh data penumpang tercatat dengan baik sebagai data manifest yang akurat adalah bentuk perlindungan asuransi bagi pengguna jasa. Pengguna jasa dapat membeli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu: Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, _internet banking_, dan lainnya.

“Kerjasama seluruh stakeholder sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kelancaran, kemanan, dan ketertiban layanan arus balik ini. Tentunya, ASDP sebagai penyedia jasa pelabuhan dan penyeberang akan tetap mengedepankan keselamatan dan layanan prima penuh kermahan, tulus, dan berkualitas,” tutupnya. (*pra)

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.