Menangkap Peluang, Pandai Berbahasa Asing Menjadi Sebuah Pilihan Generasi Muda

0

MAJALENGKA, Jawa Barat –
Hadirnya pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, belum bisa ditangkap peluangnya oleh sebagian generasi muda saat ini. Padahal dari peluang tersebut, bisa mendapatkan pengalaman yang luas, di samping penghasilan tambahan tentu saja.

Direktur Internasional Collage, Very Irawan mengatakan, Kabupaten Majalengka kini tengah menjadi sorotan wisatawan baik lokal maupun mancanegara melirik daerah tujuan wisata.

“Karena itu, ayo tangkaplah peluang tersebut, salah satunya anda harus piawai dalam berbahasa asing,” tukas, Very Irawan, salah satu pengajar kursus bahasa asing yang gigih melakukan pelatihan berbahasa, Rabu, (02/12/2018)

Menurut Very, bagi anda lulusan sastra asing yang mempunyai hobi travelling, menjadi tour guide adalah bidang yang cukup menjanjikan. Pekerjaan ini membutuhkan skill interaksi bahasa yang bagus, Quipperian. Tour guide akan berkomunikasi dengan para turis, baik itu lokal, maupun mancanegara.

“Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui penguasaan bahasa asing yang banyak ini. Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beragam suku bangsa memiliki banyak sekali bahasa daerah.” imbuhnya.

Selain itu, dia menilai, tidak semua orang yang tinggal di Indonesia menguasai semua bahasa daerah dan mungkin mereka hanya menguasai tiga atau empat bahasa daerah. Untungnya ada bahasa kesatuan yaitu bahasa Indonesia yang bisa mempersatukan seluruh penduduk Indonesia untuk bisa berkomunikasi dan saling mengerti satu dengan lainnya.

Dia menyebutkan, penelitian menunjukkan bahwa menguasai banyak bahasa asing akan membuat anda awet muda. Karena dengan menguasai banyak bahasa untuk berbicara dengan orang lain, ternyata juga menimbulkan dampak positif yang besar terhadap perkembangan otak.

“Akan banyak manfaatnya jika anda dapat menguasai lebih dari satu bahasa, kalau anda berpergian ke negara atau daerah yang menggunakan bahasa asing yang berbeda dari tempat anda berasal, tidak akan jadi orang yang linglung karena tidak tahu bagaimana berkomunikasi dengan orang asing di tempat yang dikunjungi,”pungkasnya.

Very, mengajak para generasi muda agar terus belajar dan menguasai bahasa asing. Dengan menguasai banyak bahasa, akan membuka peluang mendapatkan sumber pendapatan baru dan bisa saja menjadi seorang penerjemah bahasa asing, menjadi pemandu wisata atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan keterampilan Anda dalam berkomunikasi. ** (Sigit)