Manfaatkan Lahan, Pemuda Cisetu Rajagaluh Miliki Kebun Mini Tanaman Hias

    0

    Majalengka, NUSANTARA9NEWS.COM
    Tanaman hias bisa dijadikan solusi dalam mengisi waktu santai di rumah saat pandemi covid-19, warga Desa Cisetu Rajagaluh Majalengka miliki kebun mini dengan memanfaatkan lahan ditanami tanaman hias.

    Wawan Suhermawan (28) mengatakan, sengaja menyulap lahan kosong pada halaman rumah dengan mencoba menanam beraneka ragam tanaman hias.

    “Berbekal ilmu saat menjadi mahasiswa lulusan jurusan pertanian di Kampus Universitas Majalengka (Unma), Berkebun sudah disukai sejak lama. Terlebih saat pandemi ini aktifitas mengisi waktu ya menanam tanaman hias,” katanya. Senin, (25/01/2021)

    Pemuda yang juga sebagai Ketua Yayasan Rumah Singgah Satwa Indonesia (RSSI) tersebut mengungkap bahwa ada dua pelajaran yang didapatkan ketika berkebun yakni komitmen dan kesabaran.

    “Komitmen bangun pagi, untuk tetap ingat menyiram atau memelihara tanaman hias walaupun ada kegiatan lain dan kesabaran untuk menuai hasil kebun,” tambahnya.

    Selain itu, mimpi ingin mendorong pertanian berkelanjutan di Kabupaten Majalengka. Memang selama masa pademi, Ia mengakui demam berkebun ikut melanda warga Majalengka, baik di desa maupun di perkotaan.

    “Namun yang saya ambil sisi positifnya, hal yang diyakini makin diminati sebagai momentum mendekatkan manusia dengan alam,” tuturnya.

    Menurutnya, saat ini terus mempromosikan atau memasarkan tanaman bunga hias miliknya baik secara online maupun ofline. Ia juga tengah fokus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pertanian maupun perkebunan.

    “Dengan ini, sekaligus ikut membantu program pemerintah salah satunya ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 dan kita bersama teman-teman lainnya saat ini lebih banyak berkegiatan membuat konten-konten kreatif maupun secara langsung bersosialisasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat tercipta ketahanan pangan di tengah pandemi,” ucapnya.

    Sementara itu, bisnis tanaman hias yang digelutinya saat ini sudah membuahkan hasil. Ia mengaku cukup kewalahan dengan permintaan tanaman hias di masa pandemi.

    “Cukup lumayan banyak yang membeli tanaman bunga hias ini baik melalui online maupun ofline. Untuk permintaannya sendiri baik untuk bandar-bandar tamanan bibit holtikultura maupun untuk proyek yang bikin taman dan ada juga yang beli hanya satuan,” ungkapnya.

    Diakhir dia menambahkan, permintaan tanaman hias miliknya itu tak hanya diminati dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) saja.

    “Ada yang datang dari wilayah Jawa Barat dan Jakarta bahkan hingga luar Jawa, seperti, Kalimantan serta Sumatra,” tutupnya. ** (Git)