Malam Pergantian Tahun, Ratusan Aparat Gabungan di Turunkan

0

PRINGSEWU – Ratusan aparat gabungan kepolisian, TNI, Pemda, Organisasi Kemasyarakatan diterjunkan untuk mengamankan malam pergantian tahun di wilayah Kabupaten Pringsewu.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, SIK, MIK usai mengikuti apel bersama kesiapan pengamanan malam tahun baru di Mapolres setempat. Jumat (31/12/21) sore.

Disampaikan AKBP Rio bahwa apel bersama ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan pengamanan dalam rangka menghadapi malam pergantian Tahun 2021 ke tahun 2022, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

“Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 Oleh karena itu, kita wajib mengantisipasinya,” ungkap AKBP Rio

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung underestimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan malam Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,”jelasnya

Adapun berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan angin puting beliung sebagai dampak dari musim penghujan.

“Untuk itu kami telah terjunkan 500 an personil gabungan untuk mengamankan sejumlah tempat ibadah, tempat keramaian, obyek vital, obyek wisata dan lokasi lain yang akan menjadi tempat berkumpulnya warga”jelasnya

Selain menerjunkan personil sejumlah langkah telah dilakukan pihaknya antara lain melakukan penutupan sejumlah fasilitas publik antara lain Pendopo Pringsewu, Rest Area Gadingrejo dan komplek Pemda Pringsewu.

AKBP Rio mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk merayakan tahun baru dengan kegiatan kegiatan yang positif bersama keluarga dirumah.

“Apabila petugas dilapangan menemukan adanya warga yang masih nekat melakukan kegiatan melanggar ketertiban umum dan atau membuat kerumunan maka akan diberikan tindakan secara tegas” tandasnya

Sementara itu Bupati Pringsewu yang diwakili Staf Ahli bidang Hukum dan Politik Relawan SE berharap dengan adanya apel bersama ini kondusifitas di kabupaten Pringsewu dapat terjaga.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh personil yang terlibat dalam pengaman ini, semoga dengan adanya kehadiran ditengah masyarakat, kabupaten Pringsewu selalu dalam keadaan aman dan kondusif” harapnya

Untuk diketahui jelang malam pergantian tahun Polres Pringsewu mengelar apel bersama kesiapan pengamanan malam tahun baru di halaman apel Mapolres setempat. Jumat (31/12/21) sore

Apel dipimpin Bupati Pringsewu yang diwakili staf ahli Bupati bidang hukum dan politik Relawan, SE dengan didampingi Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.I.K, M.I.K. dan Dandim 0424 Tanggamus yang diwakili Danramil Pringsewu Kapten Rachmat. (*Ari)