LPE di Kabupaten Majalengka Masa Pandemi Terus Meningkat

0

NUSANTARA9NEWS.COM MAJALENGKA,
Berdasarkan angka Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) masa pandemi Covid-19 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hal ini diungkap oleh Bupati Majalengka H. Karna Sobahi dihadapan insan pers di Kabupaten Majalengka.

“Jika dibandingkan dalam hitungan persentase dari tahun 2018, LPE di Kabupaten Majalengka diangka 6,48 persen. Target di tahun 2023 mendatang dimungkinkan bisa meningkat menjadi 6,67 persen,” katanya. Rabu, (09/06/2021)

Ia menegaskan bahwa, capaian selama dua tahun kepemimpinan kami berada di atas rata – rata LPE Nasional dan provinsi Jawa Barat, yaitu sebesar 7,71 persen.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) setiap tahunya mengalami kenaikan dari tahun 2018 sebesar 66,72 poin menjadi 67,52 poin pada tahun 2019.Di tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Majalengka terus menggenjot pembangunan infrastruktur perekonomian yang langsung menyentuh ke masyarakat,” tegasnya.

Disebutkan, pembangunan jalan sepanjang 8 KM dan pemeliharaan jalan kabupaten sepanjang 162 KM yang tersebar di seluruh Kabupaten Majalengka dan pemeliharaan jembatan dengan anggaran sebesar Rp. 165 miliyar.

“Sadangkan untuk meningkatkan pertumbuhan pertanian Pemkab Majalengka akan merehabilitasi embung dan mata air sebanyak 27 lokasi serta rehabilitasi jaringan irigasi pedesaan sebanyak 454 titik dengan anggaran sebesar Rp. 128 miliyar,” terangnya.

Bupati menambahkan, tahun ini telah menganggarkan untuk rehab gedung pemerintah di delapan OPD sebesar Rp. 14 miliar serta gedung sarana publik di 14 lokasi dengan anggaran sebesar Rp. 24 miliar.

“Termasuk untuk meningkatkan kualitas bidang pendidikan akan membangun dan merehabilitasi bangunan sekolah baik PAUD, SD dan SMP sebanyak 227 unit sekolah dengan anggaran mencapai Rp 52 miliyar,” ucapnya.

Lanjutnya, sementara dibidang kesehatan, pihaknya telah menganggarkan sebesar Rp.125 milyar untuk menuntaskan pembangunan Rumah Sakit Talaga serta rehabilitasi puskesmas dan menyediakan alat kesehatan.

“Disisi lain, guna mewujudkan kemandirian desa menuju desa Raharja maka dibentuk program Padat Karya. Diantaranya, program TNI Bakti Desa Mandir, TMKS, Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat,” tuturnya.

Diakhir, bupati menyampaikan rasa syukur kepada masyarakat dan peran serta kinerja di lingkungan pemerintah atas telah mendapatkan raihan prestasi dari waktu sebelum atau ditengah masa pandemi covid-19 saat ini.

“Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat dan kinerja ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka maka selama dua tahun ini kita telah meraih penghargaan sebanyak 39 di tingkat nasional,” tutupnya. ** (Git)