Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Latest Posts

Lampung Selatan Raih Penghargaan PPD Saburai, Kabupaten Katagori Terbaik PPEI

LAMPUNG SELATAN – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto terima Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Rua Jurai (PPD Saburai) di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, pada Rabu, (29/3/2023).

Dikutip dari laman lampungselatankab.go.id, Penghargaan tersebut sebagai katagori Kabupaten Terbaik kategori Perencanaan Pembangunan Ekonomi Inklusif dan berkelanjutan Tahun 2023.

Penghargaan yang diterima Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto ini yakni dalam acara Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2024.

Sementara Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T. mengatakan, maksud dan tujuan Musrenbang yaitu sebagai forum lintas pemangku kepentingan pembangunan di daerah, untuk bersama-sama melakukan penajaman, penyelarasan serta penyepakatan terhadap rancangan RKPD Provinsi Lampung tahun 2024.

Tahapan dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2024 diawali dengan Konsultasi Publik secara daring dan luring pada 24 Januari 2023. Kemudian, dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat kabupaten/kota yang berlangsung pada 7-27 Maret 2023.” ujar Mulyadi

“Selanjutnya, input usulan kabupaten/kota melalui sipd.go.id mulai dari Februari hingga 21 Maret 2023, yang kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat provinsi secara daring dan luring pada tanggal 29 Maret 2023. Terakhir, desk pembahasan usulan kabupaten/kota yang telah di input dalam sipd.go.id pada tanggal 30 Maret 2023,” kata Mulyadi.

Dan kegiatan ini diikuti sebanyak 222 peserta yang mengikuti secara offline dan online. Adapun, peserta terdiri dari Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung serta jajaran pemerintah daerah terkait.” Ujar

Sementara Gubernur Provinsi Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi mengatakan, perencanaan pembangunan daerah merupakan satu kesatuan dari sistem perencanaan nasional. Untuk itu, dirinya meminta agar kabupaten/kota se-Provinsi Lampung bisa menyelaraskan program pembangunan daerah dengan program pusat.

“Tolong dipahami karena Lampung bagian dari Indonesia. Forum Musrenbang menjadi penting dalam merusmuskan sebesar apa dampak dan perencanaan itu dapat bermanfaat. Saya minta kabupaten/kota bisa menyoal hal-hal yang menjadi kepentingan nasional dan provinsi yang kemudian dituangkan dalam program pembangunan di kabupaten itu sendiri,” ujar Arinal. (*)

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.