Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Latest Posts

Kabupaten Tanggamus Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 

 

TANGGAMUS – Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani mengajak seluruh element masyarakat unt!uk bersama sama menyukseskan Pemilu 2024 yang jujur, aman dan damai.

Hal itu disampaikannya, saat membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di Lapangan Pemkab setempat, Kamis 1 Juni 2023.

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024,” ucapnya.

Korelasi dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila itu juga, Bupati mengajak seluruh komponen bangsa menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan, nilai nilai Pancasila, jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan.

“Demi rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Bupati menyebut, Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga baik pada masa dulu, sekarang dan masa yang akan datang.

Selanjutnya, terkait saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid 19. juga membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia.

“Ke depan kita akan mewujudkan Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085 yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa bangsa lain di dunia,” tegasnya.

Kemudian, menjunjung tinggi pluralisme berbudaya religius dan menjunjung tinggi nilai nilai etika menjadi pusat pendidikan teknologi dan peradaban dunia masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi.

Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

“Dalam cara berpikir, bertindak dan berelasi setiap individu manusia Indonesia sehingga akan terwujud nilai nilai kemanusiaan dan solidaritas bangsa kita. Setiap komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai nilai Pancasila,” tegasnya.

Dalam rangkaian upacara itu, tampak dihadiri Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Wakil Bupati, Hi. AM. Safii, Dandim Letkol Inf Vicky Heru Harsanto Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, Ketua PN, perwakilan Lapas dan Rutan.

Sementara itu, peserta upacara diantaranya TNI Kodim 0424 Tanggamus, gabungan Polres Tanggamus, Satpol PP, Dishub dan gabungan ASN Pemkab Tanggamus. ( ANDI JR/N9 )

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.