Jumat Bersih Di Tanjung Bintang, Nanang Dan Warga Gotong Royong Bersihan Selokan

0

NUSANTARA9NEWS.COM, TANJUNG BINTANG – Program kegiatan Jumat Bersih terus bergulir di Kabupaten Lampung Selatan. Kali ini dilaksanakan di enam titik di wilayah Kecamatan Tanjung Bintang, pada Jumat (24/1/2020).

Program besutan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto ini pun mendapat sambutan positif di masyarakat. Warga terlihat kompak bergotong royong berbaur bersama Plt Bupati beserta jajarannya dan aparatur pemerintah kecamatan setempat.

Adapun titik pertama yang menjadi sasaran gotong royong kali ini ada di Dusun Kedaton Sembilan, Desa Serdang. Disini masyarakat bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) bergotong royong membersikan selokan di kanan kiri Jalan Raya Serdang.

Titik ini menjadi sasaran Jumat Bersih karena menjadi langganan banjir ketika hujan deras melanda. “Kondisi ini berlangsung setiap tahun. Apalagi disaat musim hujan seperti ini,” ujar Hendri Hatta, Camat Tanjung Bintang.

Hal senada diungkapklan oleh Febri Sadam, warga setempat. Dia menceritakan, jika pada minggu lalu terjadi banjir. Bahkan katanya, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

“Seminggu yang lalu hujan deras pak. Air masuk ke rumah saya hingga selutut,” jelasnya sambil menunjukkan titik tertinggi air kepada Plt Bupati Lampung Selatan.

Sementara, Plt Bupati, Nanang Ermanto bersama camat dan masyarakat setempat bersama-sama mencari penyebab banjir di wilayah tersebut. Menurut Nanang, salah satu penyebab banjir adalah lingkungan yang kurang bersih serta drainase yang kurang baik.

“Drainase nya gak benar. Jadi mau dibagusin kayak mana juga gak bisa,” ujar Nanang sambil menuju titik selanjutnya.

Dia pun mengajak dan mengimbau masyarakat untuk mengobarkan semangat gotong royong setiap Jumat. Menurutnya, suatu daerah akan maju bila tertata rapi dan lingkungannya juga bersih. Untuk mewujudkannya semangat gotong royong harus dibangkitkan kembali. (kmf)