Ini Ungkapan Menteri Kumham RI, Yasonna Saat Meninjau Rutan Kelas II B Pekanbaru

0

PEKANBARU, Riau – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI), Yasonna Laoly meninjau kondisi Rutan Kelas II B Pekanbaru, di Jalan. Sialang Bungkuk, Kelurahan Sialang, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Menteri Yasonna Laoly menjelaskan, pasca terjadinya peristiwa di tahun 2017 lalu. Saat terjadinya keributan, kerusuhan hingga kaburnya ratusan napi.

“Kita lihat kondisinya sudah jauh berbeda, kini jauh lebih baik, lebih aman dan lebih teratur.” ujarnya, usai melihat kondisi rutan. Kamis, (13/12/2018).

Yasonna, juga meminta agar pihak rutan terus menjaga kondisi di dalam agar tetap baik, sehingga kejadian seperti tahun lalu tidak kembali terulang.

Pada kesempatan tersebut, Yasonna juga mengakui bahwa kondisi kapasitas lapas tidak ideal. Ia menyebutkan persoalan over kapasitas ini tidak hanya terjadi di Riau, tapi hampir di seluruh Indonesia.

“Ini masalah Nasional, nanti ketika lapas khusus narkotika di Rumbai selesai, dimungkinkan akan dapat mengurangi jumlah tahanan di sini.” imbuhnya.

Dari pantauan dan keterangan yang didapat, kapasitas ideal di Rutan Sialang Bungkuk dapat dihuni sekitar kurang dari 600 orang, sementara jumlah saat ini sudah lebih dari 1.600 orang. ** (Sanusi/Sigit)