Gunakan Dana Desa 2019, Desa Palasah Kertajati Membangun Jalan Rabat Beton

0

NUSANTARA9NEWS.COM,MAJALENGKA, – Secara bergantian warga bekerja, membangun jalan pintas yang menghubungkan jalan Blok Desa Palasah. Diantara mereka ada yang menumpahkan pasir, ada yang mengangkat semen, ada yang mengatur putaran molen (alat pengaduk semen dan pasir agar menjadi menyatu) dan sebagian lagi ada yang meratakan adukan dijalan rabat beton yang dibangun.

Mereka yang sedang bekerja tersebut sedang melakukan semenisasi jalan penghubung desa di Blok Jagawana yang anggarannya dari Dana Desa (DD) kucuran APBN tahun anggaran 2019.

Para pekerja merupakan warga lokal. Tiap kegiatan yang anggarannya dari DD, pemerintah sudah menginstruksikan bahwa para pekerjanya harus direkrut dari warga setempat agar uang DD tetap berputar di desa dan bermanfaat bagi warga guna menambah pendapatan rumah tangga.

Semenisasi jalan tersebut merupakan salah satu pembangunan infrastruktur yang ada di Blok Jagawana, Desa Palasah, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Masih banyak kegiatan lain yang dilakukan karena DD yang diterima pada 2019.

Kepala Desa Palasah, Cucu Sutarna didampingi Sekdes, Wawan Gunawan mengatakan, tahun 2019 total Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Palasah senilai Rp. miliar (red)

“Saya berharap warga dapat memanfaatkan dan menjaga semua aset pembangunan yang telah dibangun selama ini agar tidak cepat rusak. Kemudian dibuatkan peraturan desa untuk pengelolaan aset desa,” ungkapnya. Senin, (20/01/2020)

Menurutnya, selama pengerjaan berlangsung melibatkan warga lokal masyarakat setempat. Antusias warga disana cukup tinggi, oleh karenanya kita jadwalkan secara bergiliran hampir seluruhnya dipekerjakan.

“Tak bosan kami mengingatkan agar jalan yang telah dibangun bersama berharap agar dapat dijaga dengan baik dan dapat bermanfaat sehingga maslahat bagi umum,” imbuhnya.

Kades menambahkan, terpilihnya menjadi kepala desa oleh warga dan telah dilantik pada Desember 2019 lalu maka itu adalah amanah yang harus dijalankan, baik dalam memberikan pelayanan ataupun dalam membangun.

“Tahun 2020 ini, Saya ingin melakukan penataan desa terlebih dahulu kemudian membangun akses pertanian, pemberdayaan masyarakat dengan harapan menuju desa kategori yang maju nantinya karena saat ini desa kami masih kategori desa berkembang,” Pungkasnya. ** (Agit)