Galar Musrenbang, Kecamatan Depok Prioritaskan Pembangunan Tingkatkan Ekonomi

0

NUSANTARA9NEWS.COM, KAB. CIREBON, –
Pemerintah Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 – 2021, prioritaskan pembangunan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi berlangsung di Aula Kecamatan Depok. Kamis, (13/02/2020)

Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkorpimcam) Depok, Camat Dedi Efandi beserta jajarannya, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Dapil II, Sofatillah. SH, didampingi H.Mahmud Jawa. SH dan Drs.H. Rasida Edy Priatna. MM, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Koramil Kecamatan Depok, dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Depok.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, Tentang Sistem Perencanan Pembangunan Nasional (SPPN). Dalam pasal 1 ayat (21) dinyatakan bahwa Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam menyusun rencana pembangunan dari tingkat nasional dan rencana pembangunan di daerah,” kata, Camat. Saat memberikan sambutannya.

Menurutnya, musyawarah tahunan yang terencana ini dihasilkan dari para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

“Dasar hasil dari masukan usulan yang tersusun di Musrenbang tingkat Kelurahan/Desa, lalu menyepakati rencana kegiatan lintas Kelurahan/Desa dan selanjutnya dilaksanakan di tingkat kecamatan. Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKSKPD) pada tahun berikutnya,” jelasnya.

Camat berharap, melalui Musrenbang ini dapat dilakukan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan, yang perlu dukungan pendanaan APBD, APBD Provinsi, APBN dan Aspirasi Dewan Kabupaten Cirebon guna mencapai hasil pembangunan yang maksimal.

“Sehingga pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini dapat menghasilkan suatu perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, yang akan menjadi dasar pelaksanaan pembangunan pada tahun 2020/2021,” pungkasnya. ** (Joei)