Dua Hari Berkantor di Pulau Tabuan, Ini Yang Dilaksanakan Kapolsek Cukuh

0

Cukuh Balak – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah terpencil. Kapolsek Cukuh Balak Ipda Eko Sujarwo, SH. M.Si sehari berkantor di Pulau Tabuan.

Kegiatan digelar selama 2 hari yakni Kamis – Jumat (16 -17 Juli 2020), Kapolsek memboyong sejumlah personelnya sebab disana mereka juga melaksanakan pelayanan kepolisian baik pembuatan laporan kehilangan maupun pembuatan SKCK.

Usai pelaksanaan pelayanan kepolisian yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pulau dengan jangkauan 1 jam perjalanan laut itu, Kapolsek Cukuh Balak selanjutnya melaksanakan patroli ke perkampungan penduduk.

Patroli dilaksanakan secara dialogis dengan jangkauan empat Pekon yang berada disana diantaranya Pekon Sawang Balak, Pekon Suka Banjar, Pekon Karang Buah dan Pekon Kutha Kakhang.

Patroli dialogis juga mengendarai sepeda motor milik warga disana dengan menyambangi para tokoh di sejumlah pekon yang berada di Pulau Tabuan tersebut serta beribadah bersama di masjid disana.

Dalam rangkaian berkantor disana, sejumlah apresiasi tokoh dan masyarakat setempat di sampaikan langsung kepada Kapolsek dan jajarannya. Sebab kegiatan itu pertama kali dilaksanakan disana.

Utamanya mereka sangat senang sebab tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan SKCK sebagai syarat guna melamar pekerjaan serta dapat mengetahui bahwa upaya Polsek Cukuh Balak dalam menjaga Kamtibmas di wilayah hukumnya benar-benar dilaksanakan.

Seperti diutarakan tokoh pemuda Pulau Tabuan, Ahmad Amin Mulyawan menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan sehari Kapolsek Cukuh Balak berkantor disana.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Polsek Cukuh Balak atas kedatangannya disini,” kata Ahmad.

Kesempatan itu Ahmad berharap kepada kepolisian dapat mendirikan Pospol di Pulau Tabuan sebab tidak menutup kemungkinan adanya pengeboman ikan di perairan setempat.

“Kami harapkan adanya Pospol guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya pengeboman ikan maupun gangguan keamanan lainnya,” harapnya.

Ditempat lain, tokoh adat sekaligus masyarakat Pulau Tabuan, Marbawi mengapresiasi kegiatan Polsek Cukuh dengan program Kapolsek berkantor di Pulau Tabuan.

“Terima kasih dan kami berharap adanya kantor atau Pospol untuk mempermudah hubungan kepolisian dan masyarakat, semoga polisi semakin dicintai masyarakat,” ucapnya.

Kapolsek Ipda Eko Sujarwo mengungkapkan bahwa program berkantor di Pulau Tabuan merupakan upaya pihaknya dalam jemput bola pelayanan Polri selama 2 hari guna mengurangi biaya dan resiko masyarakat yang mengurus administrasi kepolisian.

“Kegiatan yang dilaksanakan berupa pelayanan SKCK, laporan administrasi kepolisian. Sosialisasi Kamtibmas dan patroli dialogis,” ungkap Ipda Eko Sujarwo.

Menurut Ipda Eko, atas pelayanan tersebut masyarakat maupun para tokoh menerima dengan baik kegiatan tersebut. Bahkan para tokoh meminta dibuatkan Pospol di Pulau Tabuan.

“Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik. Terjalin iteraksi yang bagus. Masyarakat juga meminta dibuatkan Pos Pol di Pulau Tabuan,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa Pulau Tabuan adalah pulau satu-satunya yang berada di Kabupaten Tanggamus dan masuk wilayah Adminiatrasi Kecamatan Cukuh Balak, posisinya terletak di dekat tengah pintu masuk Teluk Semangka, relatif curam dan berhutan lebat dan memiliki ketinggian 671 meter. (iswandi)