Diduga Over Tonase Truk Muatan Sengon Terguling di Jalinbar

0

Nusantara9news.com, Tanggamus – Truk tronton bermuatan kayu sengon gelondongan, terguling di Jalinbar KM 102-103 atau ruas Way Gelang, Kecamatan Kota Agung Barat.

Menurut Kasat Lantas Polres Tanggamus Inspektut Satu Rudi S, peristiwa itu adalah kecelakaan tunggal yang dialami truk roda enam yang bermuatan kayu sengon. Truk Nopol A 9584 ZX melaju dari arah Wonosobo dengan kecepatan setandar menuju Pringsewu.

“Truk tersebut diduga over tonase. Saat hendak melintasi tanjakan Pekon Way Gelang, truk tidak kuat. Kemudian truk berjalan mundur dan hilang kendali,” kata Rudi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya.

Ia mengaku, sopir truk Trimono (40) dan kernetnya Kowo (40). Truk tersebut mengalami kecelakaan pada Kamis (8/10/2020) sekitar pukul 1.00 WIB.

Saat melaju mundur truk berwarna hijau tersebut menghantam sebuah tiang listrik sampai kabel milik PLN terputus. Lalu merusak teras warung milik Gusri. Setelah itu terguling baru terhenti.

Kondisi bak truk rusak dan muatan gelondongan kayu sengon tumpah. Untungnya tidak berdampak fatal pada lingkungan sekitar nya, akibat muatan tersebut meski berserakan.

“Tidak ada korban jiwa atau luka dalam laka tunggal ini. Tetapi kerugian material sepertinya cukup besar,” kata Rudi.

Menurut Trimono, pengemudi truk tersebut, saat melaju di tanjakan, dirinya mengoper transmisi gigi. Namun saat itu terjadi slip menyebabkan los kendali dan mundur.

“Kalau karena muatan tidak, itu cuma slip waktu oper gigi, akhirnya tidak masuk terus mundur,” kata Trimono.

Ia mengaku, saat kejadian, dirinya dalam keadaan sadar, tidak mengantuk atau lainnya. Kemudian tidak juga karena menghindari kendaraan lainnya. (andi jaya)