Debu Hitam Bukan Debu Misterius, Ini Jawabannya….?

0

LAMPUNG SELATAN – Banyaknya debu berwarna hitam yang bertaburan disetiap lantai rumah warga ini jadi pertanyaan besar warga setempat. Hal tersebut terlihat di beberapa teras rumah milik warga yang ada di Kalianda.

Sementara menurut Andi Suardi, penjaga pos pemantauan Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berada di Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan (Lamsel), mengatakan, itu bukan debu Misterius melainkan debu dari letusan Anak Gunung Krakatau yang ada di Selat Sunda.
“Kalau minggu lalu debu Anak Krakatau ini berterbangan kearah Pulau Jawa sekitar Pantai Cerita, tapi kalau satu minggu ini sedang kearah Barat atau ke arah Kalianda dan sekitarnya.” Ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon. Minggu, (18/11/2018)

Saya menghimbau, lanjut Andi, bagi para warga atau yang mengendarai kendaraan roda dua, agar mengenakan kacamata, penutup mulu atau masker, untuk menghindari debu yang terbawa oleh angin tersebut.” Tutup Andi

Bahkan Nurhasanah, warga Jati, Kecamatan Kalianda Lamsel, sempat mempertanyakan kenapa banyak debu hitam seperti pasir berhamburan diteras rumah miliknya.