Cegah Gigitan Buaya, Polsek Wonosobo Pasang Banner Imbauan

0

Nusantara9news.com, TANGGAMUS – Hindari serangan buaya di pantai Saomil, muara dan pinggiran Sungai Semaka. Jajaran Polsek Wonosobo memasang bener himbauan kepada masyarakat dan pengunjung agar berhati-hati dan waspada saat beraktifitas.

Banner tersebut dipasang di Pekon Banjarsari dan Karanganyar, tempat terjadinya serangan buaya. Karena dua Pekon tersebut menjadi tempat-tempat strategis ,keramaian.

Kapolsek Wonosobo Iptu Juniko mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM mengatakan, Polsek Wonosobo menerjunkan beberapa personil anggota memasang banner himbauan di pantai saumil dan Banjarsar.

“Masyarakat kami minta waspada terhadap serangan buaya saat beraktifitas di pantai manupun atau di sepanjang sungai Way Semaka,” kata Kapolsek, Selasa (12/5/20).

Selain himbauan dengan banner, pihaknya juga telah memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk memberikan himbauan dan arahan kepada warga.

“Sebentar lagi Idul Fitri, pantai saumil pasti akan ramai pengunjung, diharapkan melalui dua cara itu mudah-mudahan masyarakat paham,” pungkasnya.

Terpisah Camat Wonosobo Edi Fahrurozi mengatakan, pihaknya menyampaikan kepada Balai Konsevasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (BKSDAE) Lampung dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus, agar menangkap buaya Way Semaka yang sudah meresahkan masyarakat.

Selain itu juga untuk mengidentifikasi lokasi hutan bakau yang sudah rusak untuk diusulkan agar di tanam kembali. Sehingga nantinya menjadi habitat buaya kembali di bantaran muara Way Semaka.

“Atas beberapa kejadian serangan buaya kepada warga kami. Karena habitat buaya yang rusak agar di tanam kembali. Sehingga buaya nantinya akan kembali kehabitatnya yang asli,” kata Edi Fahrurozi.

Selaim itu Camat telah memerintahkan kepada Pj. Kepala Pekon yang wilayahnya berdekatan dengan sungai way semaka dan pantai somil agar membuat berner dan plang peringatan agar warga lebih waspada.

“Untuk Kapekon yang berada di sepanjang sungai way semaka dan pantai saumil, sudah saya minta kepada mereka untuk memasang plang peringatan dan himbauan agar waspada.” pungkas Camat. (andiraya)