Cegah Covid-19, Pemkab Terapkan Jalan Satu Arah Ke Objek Wisata Panyaweuan Majalengka

0

NUSANTARA9NEWS.COM, MAJALENGKA, – Sejak dibukanya kembali objek wisata usai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Majalengka, pemerintah menerapkan jalan satu arah menuju kawasan wisata bukit terasering Panyeweuan.

Hal tersebut dimaksud guna mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan, diantaranya agar jalur lintasan kendaraan yang masuk dan keluar dapat terpantau. Semua pihak pengelola diminta ingatkan pengunjung untuk patuhi arahan protokol kesehatan covid-19

“Pemerintah sudah kembali membuka semua tempat wisata, namun untuk jalur menuju Bukit Panyeweuan disana diberlakukan jalan satu arah. Tujuannya adalah guna mengantisipasi kemacetan dan memudahkan memantau pengunjung ditengah pandemi covid-19,” Kata, Bupati Majalengka H. Karna Sobahi. Sabtu, (11/07/2020)

Lanjutnya, terlebih saat memasuki akhir pekan yang pastinya jumlah pengunjung akan banyak berdatangan. Bersamaan dengan itu, sejumlah petugas juga telah disiapkan disana dengan melibatkan pihak pengelola wisata dan petugas gabungan dari Kepolisian, TNI, Dishub, dan Satpol PP.

“Hal ini harus diketahui masyarakat dan harus dipahami bersama bahwa upaya ini bertujuan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan saat memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” ujarnya.

Bupati mengingatkan, pemerintah menetapkan jalan satu arah itu sejak usai pemberlakuan PSBB tanggal 27 Juni 2020 dan disepakati bersama dengan pihak pengelola.

“Adapun diantaranya, pengunjung wajib memakai masker, pengelola menyiapkan tempat cuci tangan dan bagi warga yang datang dari luar kota akan diperiksa terlebih dahulu di pos jaga yang disiapkan,” pintanya.

Diakhir, bupati kembali menegaskan kepada semua pihak pengelola untuk terus mengimbau ke para pengunjung agar selalu mengikuti pemerintah guna mematuhi arahan sesuai protokol kesehatan covid-19.

“Hal itu merupakan salah satu langkah dan upaya pemerintah, khawatir terjadinya kluster baru. Tapi semoga saja tidak ada,” imbuhnya.

Dari pantauan, kondisi jalan diarah pintu masuk selatan di Desa Sukasari tidak begitu ramai pengunjung dan nampak rapih kendaraan yang terparkir.

Namun, masih ada saja diantaranya pengunjung yang tak mengetahui sejak diberlakukan jalan satu arah sehingga menerobos masuk arah pintu keluar untuk masuk kearah objek wisata dan memarkir kendaraan yang tidak teratur sehingga mengakibatkan jalur jalan macet.

Berikut ini, panduan rute jalur satu arah menuju bukit Terasering Panyaweuyan Majalengka (Titik Awal dari Pasar Maja) sampai keluar kembali ke titik awal.

Pasar Maja – Pertigaan Desa Sukasari Kaler – Terasering Panyaweuyan – Desa Argamukti – Desa Sukadana – Pasar Maja. ** (Sigit)