Bupati Majalengka Launching Quick Response Layanan Pengaduan Untuk Warga

0

Nusantara9News.com, Majalengka
Launching Majalengka Raharja Quick Response, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) Majalengka melepas burung merpati tanda telah resmi dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di bidang informasi dan layanan pengaduan masyarakat Majalengka di Halaman Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka. Selasa, (26/03/2019)

Hadir pada kesempatan itu, Bupati H. Karna Sobahi, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) Majalengka, Ketua DPRD Majalengka, Kepala OPD, Kumunitas, tokoh masyarakat dan para tamu undangan.

Bupati Majalengka H. Karna Sobahi, saat memberi sambutan mengatakan, launching Quick Response merupakan salah satu program 100 hari kerja yang akan menjadi wadah untuk menampung keluhan masyarakat Majalengka agar mendapatkan informasi dan penanganan solusi dengan cepat.

“Launching Majalengka Raharja Quick Response merupakan jawaban untuk memberikan kemudahan pelayanan publik berupa akses komunikasi dan aspirasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan berbagai macam permasalahan di masyarakat hingga masa lima tahun kedepan.” katanya.

Bupati menerangkan, masih dalam pelaksanaan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati salah satunya kegiatan ini dan beberapa launching lainnya sudah dilaksanakan seperti, Rantang Kanyaah, Puskesmas Nganjang ka Imah, Perijinan secara Mudah dan Cepat, Penyesuaian Besaran PBB, Peningkatan Tunjangan Kinerja ASN, Pemberian Insentif Guru Ngaji, Guru Madrasah dan Imam Masjid, Pelayanan KTP gratis, dan penyediaan buku pelajaran SD dan SMP gratis.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Majalengka Drs Maman Sutiman mengatakan, akses layanan Majalengka Raharja Quick Response terdiri dari Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) berbasis teknologi informasi melalui berbagai jalur seperti media sosial, sms, aplikasi android dan website yang tidak terpisahkan dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

“Tata cara sangat mudah yang pertama klik website SP4N LAPOR di www.lapor.go.id kemudian uraikan kronologi laporan dengan jelas dan lengkap lalu sebutkan waktu dan tempat dilanjutkan dengan mulai melakukan penulisan bahasa yang baik dan benar jika ada bukti pendukung bisa dilampirkan dan yang terakhir kirimkan laporan dan tunggu laporan di verifikasi.” terangnya.

Maman Sutiman, menjelaskan, bahwa Program Majalengka Quick Respone didalamnya ada dua program layanan yakni Layanan Kedaruratan 112 dan Pengaduan Aspirasi Online Rakyat. Bisa di Akses ke 112 untuk layanan kedaruratan (Bebas Pulsa). Dan Pengaduan Aspirasi Rakyat bisa di akses melalui website: www.lapor.go.id atau sms dengan format: #Majalengka (spasi) isi pengaduan kirim ke 1708.

“Untuk fitur anonimous SP4N LAPOR, bersifat rahasia dan dapat melindungi identitas pelapor, pihak terlapor, dan tidak diketahui publik.”tutupnya. ** (Agit)