Bupati Lamsel Hadiri Pelantikan PWI Provinsi Lampung

0

BANDAR LAMPUNG – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghadiri acara pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Lampung periode 2021-2026.

Acara pelantikan yang digelar di Ballroom Hotel Emersia Bandar Lampung, pada Rabu (05/01/2022), juga sekaligus dilakukan pelantikan Dewan Kehormatan PWI Provinsi Lampung serta pelantikan pengurus PWI dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Ketua PWI Pusat H. Atal S Depari melantik secara langsung Wirahadikusumah sebagai Ketua PWI Provinsi Lampung bersama Andi Panjaitan selaku Sekretaris dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung Iskandar Zulkarnain beserta jajaran pengurus PWI lainnya.

Hadir juga menyaksikan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Sekertaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto serta bupati dan wali kota se-Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan PWI Provinsi Lampung yang baru. Arinal mengajak seluruh pengurus PWI untuk dapat bersama-sama membangun Provinsi Lampung.

“Selamat  kepada pengurus PWI dan IKWI Provinsi Lampung serta PWI kabupaten/kota yang baru dilantik. Ini merupakan contoh, lebih cepat, berdaya guna, efisien yang menunjukkan bahwa PWI kompak,” ujar Arinal mengawali sambutannya..

Arinal juga menyampaikan, bahwa pemerintah provinsi bersama PWI dan media dapat berkerjasama serta memiliki pola pikir yang sama untuk mengembangkan Provinsi Lampung.

“Karena media ini merupakan mitra utama pemerintah sebagai penyebar informasi hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung,” kata Arinal.

Untuk itu Arinal juga berpesan kepada seluruh pengurus PWI Provinsi Lampung agar dapat berkerja secara smart, optimal dan profesional.

“Mari kita bersama bahu membahu mengangkat harkat dan martabat Provinsi Lampung. Baik dari segi pembangunan mental, rohani, maupun pembangunan fisik,” kata Arinal.

Sementara, Ketua PWI Provinsi Lampung terpilih, Wirahadikusumah menyatakan akan mempertahankan kinerja kepengurusan PWI sebelumnya untuk bisa lebih baik lagi.

Oleh karena itu kata dia, PWI membutuhkan dukungan, saran, nasehat serta teguran ketika sudah menyimpang dari kaidah kode etik jurnalistik serta undang-undang jurnalistik.

“Kami sadar sekarang zamannya kolaborasi bukan lagi zamannya kompetisi. Kami juga sadar harus cepat beradaptasi karena perubahan zaman era digital saat ini informasi berkembang sangat cepat,” kata Wirahadikusumah dalam sambutan perdananya sebagai Ketua PWI.

Wira sapaan Wirahadikusumah, dalam kesempatan itu juga melaporkan, bahwa pada akhir Desember 2021 total sebanyak 720 wartawan yang tergabung dalam PWI telah melakukan uji kompetensi dan dinyatakan berkompeten oleh Dewan Pers.

“Karenanya kami berharap pembangunan sumber daya manusia serta karakter dari wartawan ini sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari para mitra PWI,” katanya. (*)