Jumat, April 19, 2024
spot_img

Latest Posts

Bupati Berhentikan Pengendara yang Tidak Menggunakan Masker

Nusantara9news.com, Talang Padang — Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus, menggelar Rapid Tes Massal Terhadap Pedagang dan Pembeli di Pasar Talang Padang, Senin (8/6/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani selaku Ketua Gugus Tugas, Wakil Bupati, Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD, Dirut RSUD Kota Agung, serta Camat, Uspika dan KUPT Puskesmas Kecamatan Talang Padang.

Bupati Hj. Dewi Handajani disela kegiatan menyampaikan pelaksanaan Rapid Tes menyasar pedagang dan pengunjung Pasar Talang Padang.

“Tes ini sebagai upaya pemantauan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Pasar tradisional menjadi target rapid test massal karena berpotensi memunculkan kluster baru penyebaran virus corona,” kata Bupati.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Bupati, para pedagang dan pengunjung pasar diminta jujur menyampaikan keterangan tentang gejala kesehatan atau riwayat bepergian ke wilayah penyebaran corona.

“Masyarakat dan pelaku usaha dipersilakan aktif beraktivitas seperti bekerja, berdagang dan lain-lain, dengan wajib memerhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Bupati menerangkan, Rapid Tes Massal diikuti 140 pedagang maupun pengunjung pasar. Dimana diketahui terdapat 3 orang yang Reaktif.

“Dari pemeriksaan tersebut tiga orang dinyatakan reaktif dan langsung mengikuti tes PCR (Polimerase Chain Reaktion).”

“Tes lanjutan ini mendeteksi virus dengan pengambilan sampel lendir dan dahak dari saluran pernafasan hingga tenggorokan. Sampelnya akan dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Lampung untuk memastikan negatif atau positif Covid 19. Untuk Hasil tes PCR keluar dalam beberapa hari,” terang Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa kondisi itu juga perlu langsung diketahui masyarakat.

“Saya memandang bahwa ini harus disampaikan apa adanya, justru informasi yang terkait kasus ini tidak boleh ditutup-tutupi, sehingga ini menjadi kewaspadaan baik dari kami maupun seluruh masyarakat. Ingat Covid 19 jangan disepelekan, harapannya yang Rapid Test Reaktif begitu dilakukan Swab, hasilnya negatif,” pungkasnya.

Masih di tempat yang sama. Selain melaksanakan Rapid Tes Massal, Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda, memberhentikan para pengendara mobil maupun pengendara motor yang tidak menggunakan masker. Beliau menegur dan memberikan arahan agar mereka selalu menggunakan masker ketika keluar rumah.

Selanjutnya Bupati juga meninjau Masjid yang ada di Pasar Talang Padang, dan melihat apakah telah mematuhi Protokol Kesehatan. Di tempat itu, Bupati dan rombongan secara simbolis melakukan pemasangan lakban, sebagai tanda jaga jarak ketika sholat. Sekaligus meminta pengurus masjid agar menghimbau jemaahnya untuk selalu menggunakan masker dan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid 19. (Andijaya/Kominfo/Maridi)

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.