BPS Awali Sensus Penduduk Di Kediaman Plt Bupati Lampung Selatan

0

NUSANTARA9NEWS.COM, KALIANDA – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Selatan mengawali sensus penduduk 2020 secara online dari Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di rumah dinasnya, Minggu (16/2).

Kepala BPS Lampung Selatan, Tri Kuntjoro mengatakan, periode Sensus Penduduk Online (SP Online) serentak di seluruh Indonesia dimulai sejak hari Sabtu 15 Februari–31 Maret 2020. Di Lampung Selatan, diawali dari rumah dinas bupati setempat.

“Hari kita telah selesai melakukan pendampingan pengisian SP Online di kediaman Pak Bupati. Selanjutnya kita berharap ini bisa diikuti seluruh jajaran ASN Pemkab Lampung Selatan mulai dari sekda hingga aparatur di desa,” ujar Tri Kuntjoro ditemui tim ini usai kegiatan.

Tri Kuntjoro menyampaikan, bahwa pelaksanaan sensus penduduk secara online merupakan program nasional yang harus diikuti seluruh masyarakat dalam rangka memperbaharui data kependudukan menuju Satu Data Indonesia.

“Ini berbeda dengan (sensus) 10 tahun yang lalu atau sebelumnya. Kita berkolaborasi dengan Dinas Dukcapil menggunakan database dari mereka untuk mewujudkan Satu Data Indonesia, Satu Data Kependudukan Indonesia,” tuturnya.

Tri Kuntjoro menjelaskan, pengisian sensus penduduk online 2020 melalui situs resmi sensus.bps.go.id. “Lampung Selatan targetnya 17,8 % atau sekitar 55 ribu KK yang mengisi SP Online. Selebihnya kita lakukan Sensus Wawancara,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pengisian sensus penduduk online melalui situs resmi sensus.bps.go.id menggunakan gadget atau smartphone, laptop dan PC.

Langkah pertama, yakni masyarakat tinggal membuka situs resmi Sensus Penduduk sensus.bps.go.id dengan mengisikan data berdasarkan Kartu Keluarga (KK) atau nomor buku nikah bagi yang sudah berkeluarga.

“Bagi masyarakat yang tidak memiliki gadget atau tidak ada akses internet, gakusah khawatir. Nanti bulan Juli, 1.500 petugas sensus akan kita sebar ke pelosok-pelosok untuk melakukan Sensus Penduduk Wawancara. Intinya semua masyarakat pasti akan tercatat baik secara online maupun wawancara,” tandasnya.

Sementara, didampingi petugas BPS Lampung Selatan, Plt Bupati H. Nanang Ermanto bersama istri Hj. Winarni mengisi langsung data sensus penduduk 2020 melalui situs sensus.bps.go.id.

Nanang Ermanto pun meminta seluruh pejabat setempat, mulai dari Kepala OPD, camat, lurah dan kepala desa turut menyukseskan sensus penduduk secara online dan ikut menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Sebagai warga negara Indonesia, saya sudah mengisi Sensus Penduduk Online 2020. Untuk itu, saya mengimbau seluruh pejabat serta seluruh lapisan masyarakat untuk mengupdate data diri melalui situs sensus.bps.go.id,” pungkasnya. (az)