Adi Erlansyah Launching ‘Naskah Sumber Arsip dan Video Dokumenter’ 13 Tahun Pringsewu Membangun

0

PRINGSEWU – Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, S.E., M.M. melaunching Naskah Sumber Arsip dan Video Dokumenter ’13 Tahun Pringsewu Membangun’.

Acara yang digelar di Hotel Urban Pringsewu, Senin (26/12/2022), dihadiri jajaran Pemkab dan DPRD serta tokoh masyarakat Kabupaten Pringsewu.

Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, S.E., M.M. mengatakan naskah sumber arsip merupakan buku yang dibuat berdasarkan dari khazanah arsip, dan disusun secara tematis untuk mempermudah pembaca dalam memahami arsip yang ditampilkan, sekaligus bentuk penyelamatan arsip daerah.

“Sehingganya diperlukan penelusuran serta penggalian mendalam, terkait pembangunan dan kemajuan Kabupaten Pringsewu berdasarkan arsip yang otentik, utuh dan terpercaya guna menjamin tersampaikannya informasi mengenai sejarah Kabupaten Pringsewu yang valid bagi masyarakat, serta menjadi warisan sejarah bagi generasi yang akan datang,” ujarnya.

Sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan era digitalisasi, kata Pj.Bupati, arsip tidak hanya disajikan dalm bentuk dokumen konvensional saja, tetapi dapat berupa video dokumenter dengan tujuan agar lebih menarik untuk disimak oleh generasi muda di era milenial, serta menjadi bahan acuan sumber sejarah, penelitian dan ilmu yang bermanfaat bagi masayarakat Kabupaten Pringsewu.

“Melalui naskah sumber arsip dan video dokumenter ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi sejarah berdirinya Kabupaten Pringsewu,” harapnya. (*ari)