28 ODGJ Warga Majalengka di Vaksinasi Covid-19

0

NUSANTARA9NEWS.COM MAJALENGKA, –
Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) asal Kabupaten Majalengka di kembalikan, tercatat 4 dari 28 ODGJ dinyatakan pulih setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi langsung mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan dikembalikan ke keluarganya masing masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka disampaikan Sekertarisnya, H. Agus Susanto, S.Sos, MSi melaporkan bahwa dari jumlah ODGJ tersebut pun mendapatkan santunan yakni Rp. 1 juta per satu orang.

“Kesemuanya secara langsung mendapatkan vaksinasi covid-19 di kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Serah Terima ODGJ setelah Rawat di RSJMM belum lama ini,” katanya saat di Halaman Dinkes Majalengka. Minggu, (20/06/2021)

H. Agus selaku ketua penyelenggara kegiatan menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan Majalengka mencatat ada 1718 ODGJ sebagai sasaran pelayanan dan 1442 lainnya telah ditemukan dan mendapat pelayanan kesehatan jiwa di tingkat Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum.

“Adapun, 133 ODGJ berat telah dilakukan pemeriksaan dan evakuasi massal yang dilakukan 4 periode. Dalam hal ini pun bekerjasama dengan RSJMM,” ungkapnya.

Sementara itu, Iyep Yudiana, SKM, MKM sebagai perwakilan dari RSJMM Bogor dan promotor kesehatan jiwa masyarakat memberikan bentuk apresiasi ucapan terimakasih atas telah terjalinnya kerjasama selama ini.

“Sebanyak 28 ODGJ kami kembalikan, yakni diantaranya 2 di RSJMM masih menjalani perawatan dan 2 ODGJ langsung menjalani  rehabilitasi di Balai Phalamarta Kemensos RI Sukabumi Jawa Barat. Sedangkan 24 orang dinyatakan telah pulih dan diserahkan. Tahapannya melalui Dinkes ke Puskesmas hingga ke pihak keluarga,” jelas, Iyep.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Majalengka dr. H. Harizal F Harahap, MM menyebutkan asal dari 24 orang diantaranya berasal dari 15 Kecamatan dan 17 Puskesmas.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Direksi dan Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM Bogor yang telah mengevakuasi, merawat dan mengobati ODGJ Berat Majalengka. Dengan harapan dapat berkelanjutan dan tidak sampai periode ini saja akan tetapi berlanjut ke periode berikutnya,” tuturnya.

Secara bersamaan, Ketua BAZNAS Agus Yadi Ismail, MSi, menambahkan secara singkat terkait santunan yang diserahkan berasal dari dana infak dan sedekah PNS/ASN di Kabupaten Majalengka.

Dari pantauan, tim Vaksinator Covid 19 Dinkes Majalengka langsung bergerak melakukan Vaksinasi Covid 19 terhadap 24 ODGJ Paska Rawat RSJMM.

Diakhir acara semua peserta yang hadir bersepakat meneriakan semangat bertajuk “Majalengka Bebas Pasung Tahun 2021 dan Majalengka Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri,” ** (Git)