Sosialisasi Sekolah Rujukan, SMAN 1 Sidomulyo Gelar Workshop Pengembangan RPP

LAMPUNG SELATAN – Workshop/IHT Pengembangan RPP berbasis 4C/STEM/PISA di SMAN 1 Sidomulyo digelar Kamis (02/08/2018). Kegiatan tersebut diikuti seluruh guru di SMAN 1 Sidomulyo dan tujuh sekolah imbas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung yang diwakili KUPT Wilayah I, Drs. Sunardi, MM mengatakan, guru sebagai tokoh sentral yang mewarnai masa depan generasi suatu bangsa dan mampu mengenali karakteristik serta potensi bakat siswa-siswinya.

“Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa. Dalam kegiatan pembelajaran terjadi proses transpormasi ilmu pengetahuan serta nilai-nilai sikap baik sikap spirtual maupun sikap sosial. Pada saat proses pembelajaran berlangsung terjadi interaksi antara guru dengan siswa yang memungkinkan bagi guru untuk dapat mengenali karakteristik dan potensi bakat yang dimiliki oleh siswa. Sebaliknya para siswapun memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi dan bakat yang dimilikinya sehingga potensi dan bakat tersebut dapat berkembang dengan optimal,” ujar Sunardi.

Sunardi mengharapkan, Guru mampu mengenali potensi para siswanya dengan cara melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bersifat aktif. Pembelajaran yang dilaksanakan tidak berpusat pada guru tetapi berpusat pada siswa.

“Guru hanya berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, sehingga siswa memiliki kesempatan yang luas untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya,” imbuhnya

Kepala SMAN 1 Sidomulyo, Hidayatullah, M.Pd mengatakan, kegiatan workshop diikuti guru di SMAN 1 Sidomulyo, tujuh sekolah imbas yakni SMAN 1 Candipuro, SMA Muhammadiyah 1 Candipuro, SMA DPB Sidomulyo, SMAN 1 Katibung, SMA Sindangsari, SMA PGRI Katibung dan SMA Muhammadiyah Sidomulyo.

“Harapan kami, guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajara siswa, sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal,” harapnya.

Sementara itu anggota Komite SMAN 1 Sidomulyo mengatakan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat. Sehingga Guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan menggunakan teknologi tersebut.

“Guru harus mampu memanfaatkan penggunaan TIK dalam salah satu tugas rutinnya dalam Peyusunan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP). Ini yang harus digaungkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas,” kata Suryana. (Raja AP)

Add Comment

error: Jangan Di Copy Ya...