Resmi, Panwaslu Kota Cirebon Keluarkan Rekomendasi PSU di 24 TPS

Nusantara9news.com, CIREBON, Jawa Barat – Panwaslu Kota Cirebon akhirnya mengeluarkan rekomendasi kepada KPU Kota Cirebon untuk dilaksanakannya Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pilwalkot Cirebon.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Cirebon, Mohamad Joharudin, mengatakan, rekomendasi dikeluarkan setelah ditemukan adanya pelanggaran pada Rabu (27/6/2018).

“Rekomendasi PSU ditujukan bagi TPS yang dianggap mekanismenya tidak sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2018,” ujar M Joharudin kepada insan media. Sabtu, (30/06/3018)

Menurutnya, rekomendasi yang dikeluarkan Panwaslu berdasarkan penelitian, kajian, dan pemeriksaan oleh Panwascam di masing-masing kecamatan dan hasilnya nanti akan diserahkan ke PPK untuk dilanjutkan ke KPU Kota Cirebon.

Hal tersebut pasalnya, batas maksimal rekomendasi PSU ialah dua hari setelah hari pencoblosan atau pelaksanaan PSU paling lambat empat hari setelah pemungutan suara. Itupun, tergantung dari hasil rapat pleno KPU selaku penyelenggara teknis.

“Jadi rekomendasi ini resmi telah dikeluarkan untuk ditindak lanjuti, namun Panwaslu Kota Cirebon tidak bisa menjamin terlaksana atau tidaknya PSU.” imbuhnya.

Masih kata, Joharudin, setelah rekomendasi diserahkan ke PPK, selanjutnya akan diserahkan ke KPU untuk ditindak lanjuti dan kami sudah melaksanakan tugas sesuai aturan yang nantinya sepenuhnya diserahkan kembali ke KPU.

Dari keterangan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Panwas Kota Cirebon di 4 Kecamatan di 24 TPS yaitu, Kejaksan sebanyak 8 TPS, Kesambi di 3 TPS, Pekalipan di 10 TPS, Lemahwungkuk di 2 TPS dan untuk Kecamatan Harjamukti tidak di laksanakan PSU. ** (Doni/Red)

Add Comment

error: Jangan Di Copy Ya...