Polres Lampung Selatan Gagalkan Penyelundupan 30 Ribu Ekor Bibit Lobster

Nusantara9news.com, Kalianda – Sebanyak 30 ribu ekor bibit Lobster dari pulau Jawa Serang Banten yang akan di bawa ke Sumatera tujuan  Jambi berhasil di gagalkan Polres Lampung Selatan.

Bibit lobster asal Banten tersebut diduga akan di selundupkan melalui darat dengan melintasi jalan  Lintas Timur yang tepanya di desa Yoga Kecamatan Ketapang Lampung Selatan.

Disinyalir ada kecurigaan terhadap muatan yang ada dalam kendaraan jenis mitsubishi L300, akhirnya petugas kepolisian melakukan penggeledahan atau pemeriksaan secara detail muatan yang ada di dalam mobil tersebut.

Dari hasil pemeriksaan,  petugas mengamankan 142 plastik yang berisi bibit lobster  dan 10 kotak warna kuning serta 10 polipom.

Sementara pelaku pengiriman barang yang berinisial MO menyelundupkan 30 ribu bibit Lobster dengan menggunakan kendaraan Mitsubushi jenis L300, yang dibungkus ke dalam plastik dan polipom. Dan kemudian lobster tersebut disimpan kedalam bok viber ikan dengan posisi terbalik, sehingga terkesan kendaraan L300 tersebut hanya membawa viber yang telah selesai melakukan pegiriman barang.

Sementara tersangka Sugedi (45) tahun yang beralamatkan Kampung Sampang dusun Susukan Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Banten.

Menurut kapolres lampung selatan, AKBP. Muhammad Syarhan mengatakan, 30 ribu bibit Lobster dari Pulau Jawa Serang Banten tersebut rencananya akan di bawa ke Jambi yang melintasi jalan Lintas Timur.

Sementara pelaku dijerat dengan pasal 88 Juntopasal 16 ayat 1 Undang-undang nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 31 tahun 2004  tentang perikanan, dengan ancaman hukuman pidana 6 tahun atau denda 1,5 milyar.

Dan Undang-undang nomor 16 tahun 1992 tentang karantina, atau peraturan menteri kelautan dan perikanan Republik Indonesia nomor 56 Permen-kp tahun 2016 tentang larangan penangkapan dan atau mengeluarkan lobster, kepiting dan rajungan di wilayah Republik Indonesia.

Add Comment

error: Jangan Di Copy Ya...