Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda, Nanang Ermanto : Bersatu Kita Maju

NUSANTARA9NEWS.COM, KALIANDA – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Senin (28/10/2019) pagi, memimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-91, di Lapangan Korpri Kalianda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Turut hadir dalam upacara tersebut, jajaran Forkopimda Lampung Selatan, pejabat utama beserta Kepala OPD dilingkup Pemkab Lampung Selatan, pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat.

Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto beserta jajaran pengurus.

Dalam kesempatan itu, Nanang menyampaikan, Hari Sumpah Pemuda ke-91 mengambil tema “Bersatu Kita Maju”.

Tema tersebut kata dia, diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Itu menegaskan bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” ujar Nanang Ermanto saat menyampaikan amanat selaku inspektur upacara Hari Sumpah Pemuda.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa.

Meskipun demikian, bagi pemuda menjadi keharusan, karena di tangan pemuda-lah Indonesia bisa lebih maju.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” tuturnya.

Menurut Nanang, pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik.

Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif.

“Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia. Saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” ucapnya.

Diakhir, dirinya berharap, melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, masyarakat Lampung Selatan umumnya, dan segenap peserta yang hadir khususnya, selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para para pahlawan dan pendiri bangsa.

“Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” tandasnya. (kmf)

Add Comment