Nanang Harap IPTEK Dapat Mendorong Perubahan Positif Dalam Pembangunan

NUSANTARA9NEWS.COM, KALIANDA – Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto Membuka Final Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2019 di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lampung Selatan, Senin Pagi (28/10).

Final Lomba Inovasi Daerah merupakan rangkaian akhir dari tahapan lomba yang dilaksanakan di Aula Balitbang dan Aula Bappeda. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong innovation driven yaitu ekonomi yang dibangun atas dasar IPTEK, agar terbentuk budaya kreatif dan inovatif di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Diikuti oleh 60 peserta, dari golongan Pelajar, Mahasiswa dan Umum, Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2019 tersebut turut dihadiri pula oleh Sekda Kab. Lamsel, Ir. Fredy SM, MM. Ketua Dewan Juri Prof. Dr. Wan Abbas Zakaria, MS dan Anggota, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para Kepala OPD Terkait dan Guru Pembimbing.

Kepala Litbang, Sahlani mengatakan dalam laporannya, Akan terus mendorong kreativitas dan inovasi teknologi dalam bidang IPTEK untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat di Lampung Selatan.

“Final lomba inovasi daerah ini kami laksanakan dengan tujuan yang hendak dicapai yakni memilih kreativitas dan inovasi teknologi terbaik, dan mendorong terbentuknya budaya kreatif dan inovatif dibidang iptek dalam rangka meningkatkan daya saing dan kesesahteraan masyarakat”,Paparnya.

“Hasil yang diharapkan dari Lomba inovasi ini adalah agar terciptanya budaya inovasi ditengah-tengah masyarakat sehingga dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperkuat kemandirian dan memajukan ilmu pengetahuan”, Ucap mantan staf ahli bupati itu.

Pada kesempatan yang sama Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan, Pemerintah Daerah dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera akan terus mendorong kemampuan ilmu pengetahuan dan memacu inovasi melalui pemberian apresiasi terhadap prestasi keberhasilah di bidang inovasi daerah.

“Kenyataan menunjukkan bahwa budaya kreatif dan inovatif menjadi indikator perkembangan suatu daerah, dimana perkembangan suatu daerah tidak hanya ditentukan oleh kekayaan sumber daya alamnya akan tetapi ditentukan juga oleh budaya inovasi yang dilakukan seluruh elemen masyarakat”, Ucapnya.

“pembangunan daerah yang berkelanjutan merupakan kunci dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera, maju dan mandiri. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan dalam mendorong kemampuan dan memacu inovasi adalah melalui pemberian apresiasi terhadap prestasi keberhasilan di bidang inovasi daerah”, Ujarnya.

Lebih lanjut nanang menyampaikan, upaya pemerintah daerah dalam mendorong perubahan positif dalam pembangunan yakni dengan melakukan terobohan inovasi dalam berbagai bidang.

“Saya harap dengan adanya kegiatan ini para peserta lomba dapat melakukan berbagai terobosan inovasi dalam berbagai bidang, saya berkeyakinan dengan adanya inovasi, maka proses percepatan pembangunan akan dapat kita raih”, Ucap nya dilanjutkan dengan membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Diketahui dewan juri kegiatan lomba inovasi daerah yakni, Para Akademisi dari Perguruan tinggi UNILA, ITERA, STIE Muhammadiyah Kalianda, STAI YASBA Kalianda, STIH Muhammadiyah Kalianda dan Dewan Juri dari OPD Terkait. (Rk KMF)

Add Comment