MTQ Ke-47 Ditutup, Kafilah Kalianda Kembali Juara Umum

Nusantara9news.com, KALIANDA, – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Lampung Selatan resmi ditutup, pada Jum’at (16/3) malam. Kafilah Kecamatan Kalianda kembali keluar sebagai juara umum dengan raihan 94 poin dengan 26 medali.

Di posisi kedua diraih oleh Kafilah Kecamatan Natar dengan poin 49 dan 12 medali, dan posisi ketiga diraih Kafilah Kecamatan Way Panji dengan raihan poin 35 dan 9 medali. Bupati Lampung Selatan DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum menyerahkan secara langsung piala bergilir juara umum kepada Camat Kalianda.

Acara penutupan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Bupati Lampung Nanang Ermanto, disaksikan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, Ketua DPRD Lampung Selatan Hendry Rosyadi, beserta Fokorpimda Lampung Selatan dan Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan H. Sukandi.

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan berharap, dengan perlombaan MTQ tersebut, masyarakat dapat memahami serta lebih membumikan Alquran sebagai wujud dakwah dan syiar Islam di Kabupaten Lampung Selatan.

“Yang lebih penting, adalah bagaimana kita bisa MentadaburiAlquran. Untuk itu saya mengajak dan mengimbau kepada kita semua, sebagai umat Islam Alquran adalah sebagai petunjuk bagi orang yang bertakwa dan mau bertakwa,” kata Zainudin usai acara penutupan.

Dia juga mengimbau, mulai dari pejabat yang paling tinggi dan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan serta masyarakat Lampung Selatan umumnya, untuk membiasakan diri rutin membaca Alquran.

“Paling tidak setiap hari satu halaman kita membaca Alquran dan terjemannya. Insha Allah, dalam satu Alquran itu ada yang bisa menjadi acuan kita untuk diamalakan. Walapun sedikit tetapi istiqomah berkesinambungan. Maka, kelak Alquran lah yang akan memberi pertolongan di alam kubur,” ujarnya.

Adapun, penetapan Juara Umum dan Peringkat Daerah MTQ ke-47 tingkat Kabupaten Lampung Selatan berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Dewan Hakim Nomor 01/LPTQ/LS/2018 yang dibacakan Sekretaris Dewan Hakim Drs. HM. Ansori, M.Kom.I.

“Berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Dewan Hakim Nomor 01/LPTQ/LS/2018, maka juara ke-1 diraih Kecamatan Kalianda, dengan poin 94 dan 26 medali, juara ke-2 diraih Kecamatan Natar dengan 49 poin dan 12 medali, serta diposisi ke-3 diraih Kecamatan Way Panji dengan poin 35 dan 9 medali,” terangnya.

Selengkapnya, untuk Juara ke-4 diraih Kecamatan Penengahan dengan poin 32 dan 12 medali, juara ke-5 diraih Kecamatan Ketapang dengan poin 26 dan 8 medali. Diposisi ke-6 diraih Kecamatan Bakauheni dengan raihan 21 poin dan 9 medali, juara ke-7 diraih Kecamatan Rajabasa dengan 18 poin dan 6 medali.

Lalu diposisi ke-8 diraih Kecamatan Tanjung Bintang dengan poin 16 dan 6 medali, posisi ke-9 diraih Kecamatan Katibung dengan poin 16 dan 8 medali, posisi ke-10 diraih Kecamatan Sidomulyo dengan poin 15 dan 5 medali, dan posisi ke-11 diraih Kecamatan Jati Agung dengan poin 15 dan 5 medali.

Posisi ke-12 diraih Kecamatan Candipuro dengan poin 12 dan 4 medali, posisi ke-13 diraih Kecamatan Way Sulan dengan 12 poin dan 6 medali, posisi ke-14 diraih Kecamatan Tanjung Sari dengan poin 9 dan 3 medali, posisi ke-15 diraih Kecamatan Sragi dengan poin 7 dan 3 medali, posisi ke-16 diraih Kecamatan Merbaiu Mataram dengan poin 7 dan 3 medali, dan diposisi ke-17 diraih Kecamatan Palas dengan raihan 6 poin da 2 medali.

Sedangkan, dari pantauan media ini, malam penutupan yang diwarnai dengan berbagai hiburan bernuansa islami berlangsung meriah. Penampilan penyanyi religi Indonesia Haddad Alwi menambah antusias masyarakat yang memadati arena MTQ. (*)

Add Comment

error: Jangan Di Copy Ya...