Meriahkan HUT RI Ke-74, PT Bukit Asam Akan Gelar Jalan Sehat dan Bhakti Sosial Di Kalianda

INFOLAMPUNGNEWS.COM, KALIANDA – PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) selaku koordinator program BUMN Hadir Untuk Negeri untuk Provinsi Lampung akan mengadakan kegiatan jalan sehat dan bhakti sosial di Kota Kalianda, pada Minggu 18 Agustus 2019 mendatang.

Hal itu terungkap dalam audiensi antara pihak PTBA dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM beserta jajarannya, di ruang rapat Sekda setempat, pada Kamis (1/8/2019) pagi.

“Kebetulan untuk tahun ini PT Bukit Asam ditunjuk untuk melaksanakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Lampung,” ujar Ivan Sagara selaku Asisten Manager PTBA saat memaparkan rencana kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun 2019.

Pria yang biasa disapa Ivan ini menjelaskan, pelaksanaan kegiatan jalan sehat itu sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) tahun 2019.

“Ini adalah bagian dari beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan di wilayah Provinsi Lampung semenjak dari Safari Ramadhan yang lalu. Dan untuk bulan ini puncaknya pada peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia,” kata dia.

Pada kegiatan jalan sehat ini, masyarakat berkesempatan membawa pulang sejumlah hadiah yang disediakan oleh BUMN, seperti sepeda motor, sepeda dan peralatan elektronik lainnya.

Selain jalan sehat, Ivan menambahkan, pada puncak acara BUMN Hadir Untuk Negeri ini PTBA juga menyediakan 4.000 paket sembako yang berisi bahan makanan murah.

“Setiap paket berisi lima jenis bahan pokok nilainya kalau disesuaikan dengan harga pasar yakni Rp100.000. Tapi disini kita jual cukup dengan Rp25.000 per paket. Semoga ini dapat membantu masyarakat yang tidak mampu mendapatkan bahan pokok terjangkau,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Ivan mengungkapkan, hasil penjualan paket sembako itu pun akan dikumpulkan dan kemudian dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk sumbangan sosial PTBA dan akan diserahkan ke rumah-rumah ibadah yang berada di Lampung Selatan.

Selain itu, dalam program kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri kali ini, PTBA juga akan mengadakan sejumlah kegiatan sosial lainnya. Seperti pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, program sarana air bersih, bedah rumah dan pembuatan fasilitas MCK.

“Untuk pelaksanaan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri tahun ini, tempatnya kita diarahkan di Lampung Selatan. Untuk tempatnya rencananya kita ada dua opsi di Lapangan Korpri atau di Lapangan Cipta Karya Kalianda,” bebernya.

Sedangkan, pada tanggal 17 Agustus 2019, PTBA juga akan melaksanakan upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi HUT RI ke-74 di Pantai MB, Kalianda.

“Kenapa kita pilih di pantai, karena ini instruksi dari Kementerian BUMN yang harus mengangkat potensi pariwisata di daerah setempat. Kalau tahun lalu di Bandar Lampung, tahun ini kita pusatkan di Lampung Selatan, karena tempatnya tidak boleh sama,” ucapnya.

Sementara itu, menanggapi hal itu, Sekda Lampung Selatan Fredy menyambut baik program BUMN Hadir Unruk Negeri yang akan dipasatkan di Lampung Selatan.

“Intinya kami siap mendukung dan memfasilitasi. Nanti tinggal berkoordinasi dengan OPD-OPD terkait teknis pelaksanaanya nanti di lapangan,” kata Fredy dalam arahannya.

Untuk itu, Fredy juga mengimbau kepada Kepala OPD terkait dapat membantu dalam rangka menyukseskan program BUMN Hadir Untuk Negeri tersebut. “Mudah-mudahan apa yang kita rencanakan ini bisa berjalan sukses,” pungkasnya. (az)

Add Comment