Lamsel Tampilkan Tari Khudat di Lampung Fair

0

LAMPUNG SELATAN – Malam ke-14 Lampung Fair, Lampung Selatan mendapatkan giliran pentas dalam pagelaran seni budaya daerah di panggung utama.

Pagelaran seni budaya yang dipadati pengunjung tersebut, diawali dengan penampilan “Tari Khudat” yang menceritakan awal masuknya agama Islam di bumi Lampung.

Usai tari Khudat, acara dilanjutkan dengan parade lagu-lagu daerah Lampung  yang dibawakan oleh “Trio Insani” yang diiringi oleh Sunan Kalijaga Band asal Lampung Selatan,  penampilan grup Qosidah  “Duo Raga”, finalis dari ajang lomba oleh stasiun TVswasta nasional, dan ditutup oleh tari jatilan.

“Tahun ini kami setidaknya menampilkan 4 (empat) aspek plus satu, “kata Syahlani menjelaskan.

“Yang pertama dibidang pertanian dan peternakan, kedua,  ada produk-produk unggulan yang kami hasilkan sendiri melalui kerajinan yang dikelola Dekranasda, ketiga bidang infrastruktur, ke empat dibidang pelayanan, ada pelayan bidang perizinan,  pelayanan kesehatan yang memberikan layanan kesehatan secara langsung dan gratis, juga pelayanan pembuatan KTP/KK yang setiap malamnya selalu diserbu oleh pengunjung,”kata Syahlani lagi menjelaskan.

“Selama gelaran Lampung Fair 2018 ini,  Stand Disdukcapil memang menjadi idola dari pengunjung, tidak pernah sepi,”katanya lagi menjelaskan.

Lebih lanjut Syahlani menuturkan, yang dimaksudkan “plus satu” adalah Stand Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan (PP&PA). Menurut Syahlani, laiknya dalam sebuah gelaran pameran, pengunjungnya adalah remaja dan orang dewasa. Akan tetapi, untuk Stand Dinas PP&PA, pengunjungnya adalah anak-anak usia dini, usia 4 Tahun sampai usia 8 Tahun.

Dinas PP & PA bekerja sama dengan “komunitas rumah kreatif” asal Kecamatan Natar menggelar “area bermain anak” yang menyiapkan “stere foam”atau gabus yang sudah ada gambarnya, dan anak-anak hanya tinggal mewarnai menggunakan cat air yang sudah disediakan panitia.

“Itu yang saya katakan plus satu, pengunjungnya anak-anak, mereka asik melukis, “kata Syahlani sambil menunjuk ke arah anak-anak yang sedang asik melukis. (diskominfo.ls).