Komisi C Akan Memantau Semua Pembangunan di Seluruh Desa se-Lampung Selatan

Nusantara9news.com, Kalianda - Komisi C DPRD Lampung Selatan menghimbau kepada seluruh kepala desa untuk melaksanakan pembangunan fisik sesuai juklak dan juknis yang telah ditetapkan.

Pasalnya menurut Syaiful, penyebab dari permasalahan yang timbul pada pengelolaan dana desa tersebut terjadi akibat kurangnya pemahaman terutama pada peraturan yang ditetapkan pemerintah. 

Pada pengelolan Dana Desa (DD) dan alokasi dana desa kerap kali terjadi permasalahan, mulai dari pengerjaan pembangunan yang tidak sesuai dengan RAB hingga dugaan penyalahgunaan, hal serupa juga banyak terjadi di Lampung Selatan.

Menurut salah satu anggota komisi C DPRD setempat, Syaiful anwar menjelaskan, untuk menghindari permasalahan-permaslahan tersebut  dirinya menghimbau kepada seluruh kepala desa yang melaksanakan pembangunan fisik harus disesuaikan dengan rencana anggaran belanja atau RAB.

Tidak hanya itu, lanjut Syaiful, berdasarkan intruksi dari Bupati 80 persen dana desa harus digunakan untuk membangun nfrastruktur, dan kepala desa dihimbau untuk dapat mengelola dana desa tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Sementara menurut  orang nomor satu di Bumi Khagom Mufakat baru-baru ini, mengatakan, pihaknya telah melarang seluruh kepala desa untuk membangun infrastruktur dengan menggunakan  lapen dan latasir, sebab untuk di tahun 2017 ini pembangunan jalan lingkungan diminta dengan menggunakan cor beton atau paping blok. "Ujar adik kandung ketua MPR RI 

Pewarta: Raja AP

Komentar Pembaca

Copyright © 2017 nusantara9news.com
Tim Redaksi | Kontak Kami