Umat Hindu Jawa di Lamsel Gelar Ngaben Massal, Pertama Kali di Lampung

10 Agustus 2017 22:17 WIB | 1 kali dibaca

Wakil Bupati Lamsel, Nanang Ermanto, menghadiri acara ngaben massal di Dusun Kediri, Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji

Baca Juga

Nusantara9news.com, Sidomulyo - Masyarakat Hindu Jawa yang tinggal di Kabupaten Lampung Selatan, menggelar ngaben massal. Kegiatan yang dipusatkan di Dusun Kediri, Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji, merupakan kali pertama digelar di Lampung.
 
Sebanyak 45 nglungah dan ngawe nglungah yang dikremasi berasal dari masyarakat yang tinggal di Dusun sempat dan desa lain. Bahkan dari luar Provinsi Lampung ikut dalam kegiatan yang sakral dan suci tersebut.
 
Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto saat menghadiri ngaben massal mengatakan, umat beragama di Lamsel dalam melaksanakan kegiatan keagamaan toleransinya sangat bagus. 

"Inilah wujud dari rasa saling menghormati antar umat beragama dan di Way Panji sangat luar biasa, " kata Nanang, Kamis (10/8/2017).
 
Termasuk masyarakat muslim yang ada di kecamatan Way Panji. Mereka ingin melihat langsung kegiatan ritual entas-entas yang baru pertamakali digelar. Kegiatan ini juga dihadiri oleh wakil bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto.
 
Ketua paguyuban masyarakat Hindu Jawa di Dusun Kediri, Suroto mengatakan, kegiatan ngaben entas-entas ini merupakan ritutal untuk mensucikan (menyempurnakan) roh para leluhur/anggota keluarga yang telah meninggal dunia untuk kembali kepada sang Hyang Widi.
 
"Total ada 45 jasad yang dikramasi dalam ngaben massal merupakan anggota keluarga (leluhur) dari sekitar 94 kepala keluarga masyarakat Hindu Jawa. Bahkan ini baru pertama kali kita laksanakan dan sukses," kata Suroto. (Gus)
Pewarta: Raja AP

Komentar Pembaca

Copyright © 2017 nusantara9news.com
Tim Redaksi | Kontak Kami