Petani Pilih Bikin Kopra, Kelapa Melimpah, Harga Anjlok

Nusantara9news.com, Kalianda - Melimpahnya panen kelapa di Kabupaten Lampung, membuat harga salah satu komoditas perkebunan ini semakin terpuruk harganya. Bahkan, kelapa yang tidak masuk ke pasaran dijadikan kopra yang harganya juga sangat rendah.

Sobari (35) salah seorang pedagang kelapa dan juga kopra mengakui, harga kelapa super hanya berkisar Rp 2.000,- perbuahnya. Padahal saat kelapa langka, harganya bisa mencapai Rp 4.500,- perbutir.

"Itu dibelakang gudang kelapa menumpuk dan belum kita kirim ke Jakarta. Karena sekarang kelapa sangat melimpah dan pembuangannya yang sulit," kata Sobari, Kamis (10/8/2017).

Terkait dengan harga kopra, Sobari mengatakan, untuk harga hanya berkisar Rp 6.000-7.000,- perkilogram. Kelapa yang dibuat kopra dan dijual oleh petani rata-rata kelapa yang tidak bisa d-ipasarkan.

"Kelapa yang kurang bagus atau istilahnya BS banyak yang dijadikan kopra dan seperti itu barangnya. Itupun kita harus jemur lagi sampai kering agar bisa diterima oleh pabrik," pungkasnya. (gus)
Pewarta: Raja AP

Komentar Pembaca

Copyright © 2017 nusantara9news.com
Tim Redaksi | Kontak Kami