Penyusunan RPJMD

Dendi Sampaikan RPJMD

Nusantara9news.com, PESAWARAN - Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona menyampaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kamis di Ruang Sidang Gedung DPRD setempat, Kamis, (08/06/16).

Dendi Ramadhona mengatakan, setelah dilantik menjadi Bupati bersama Wakil Bupati Pesawaran periode 2016 - 2021. Melekatlah kewajibannya untuk menyusun RPJMD Kabupaten Pesawaran 2016 - 2021.

"Sebagaimana yang amanatkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 pasal 65, yang menyatakan bahwa Kepala Daerah memiliki tugas menyusun dan mengajukan rancangan Perda tentang RPJPD dan rancangan Perda tentang RPJMD kepada DPRD untuk dibahas bersama DPRD, dan Pasal 264 yang menyatakan bahwa Perda tentang RPJMD ditetapkan paling lama 6 bulan setelah kepala daerah terpilih dilantik "Katanya.

Dalam pendekatan teknokratis, bahwasanya proses penyusunan RPJMD ini melalui suatu metode dan kerangka berpikir ilmiah guna memperoleh pengetahuan secara sistematis terkait perencanaan pembangunan berdasarkan bukti fisik, data dan informasi yang akurat, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Analisa ilmiah yang dilakukan antara lain terhadap perumusan kerangka ekonomi makro daerah, kerangka pendanaan dan kemampuan fiskal daerah, metode pengalokasian belanja daerah,  penentuan parameter pencapaian visi dan penetapan indikator kinerja dari setiap sasaran pembangunan.

Dalam pendekatan partisipatif, bahwasanya penyusunan RPJMD ini telah melibatkan semua pemangku kepentingan (stakeholders) dengan mempertimbangkan tingkat relevansi, kesetaraan  dan keterwakilan pemangku kepentingan pada setiap tahapan.

"Semua dapat tercipta melalui konsensus atau kesepakatan pada semua tahapan penting pengambilan keputusan. Seperti  perumusan prioritas isu dan permasalahan, perumusan tujuan, strategi, kebijakan dan prioritas program," ungkapnya.
Pewarta: Tina/Raja AP

Komentar Pembaca

Copyright © 2017 nusantara9news.com
Tim Redaksi | Kontak Kami