Mampu Aliri 1.000 Hektar Lahan

Kherlani Resmikan Pompanisasi Sragi Way Sekampung

Nusantara9news.com Kalianda - Bantuan pompanisasi bagi tiga desa di Kecamatan Candipuro dari pemerintah untuk, meningkatkan,indek pertanian. Diresmikan penggunaannya oleh Pejabat Bupati Lamsel, Kherlani, Senin,(17/1).


Kherlani berharap, petani memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami sayuran. Karena lahan tersebut bisa membantu petani dalam memenuhi kebutuhan dapur.


"saya lihat banyak lahan yang ada di pinggir tanaman padi masih kosong. Tolong itu ditanami tanaman seperti cabe, tomat dan lsinnya. Dengam adanya pompanisasi, manfaatnya tentu akan semakin banyak," kata Kherlani.


Dandim 0421/Lamsel, Letkol Inf I Ketut Mertha Gunarda menjamin fasilitas pertamian akan aman dengan diturunkannya anggota bersama Polisi. "Pelaku kejahatan akan kita tangkap dan diproses secara hukum," tegasnya.


Kepala DPTPH Lamsel, Ir. Muverdi. CH mengatakan, dengan  diresmikannya pompanisasi petani dapat memanfaatkan air dari sungai Way Sekampung. Sehingga petani dapat melakukan tanam serentak tanpa kesulitan air. "Lamsel terbesar memberikan kontribusi pangan di Lampung dan 100 ribu ton gabah kering giling bisa tercapai. Ini perlu disyukuri karena pemerintah begitu peduli dengan petani," ujar Muverdi.


Ketua Gapoktan Desa Rawaselapan, Sudi wiryono berharap akan dapat meningkatkan produksi pangan. Selain itu,  pengamanan fasilitas pertanian perlu dapat dukungan dari aparat keamanan. "Kami berterimakasih, bantuan ini bisa meningkatkan produksi pertanian," kata Sudi.

Pewarta: Raja AP

Komentar Pembaca

Copyright © 2017 nusantara9news.com
Tim Redaksi | Kontak Kami