Antisipasi DBD

Resmikan Gerakan Serentak Pengendalian DBD

PALAS, Nusantara9news.com - Musim hujan, dapat mengakibatkan kejadian luar biasa (KLB)  Demam berdarah dengue (DBD) jika tidak segera diantisipasi. Dari data yang tercatat di Dinas Puskesmas Palas Kabupaten Lampung Selatan, terdapat tujuh kasus DBD pada Januari-Februari 2015 ini.  

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamsel, Pitka R Menoza mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel telah menyiapkan sarana dan prasarana dalam pengendalian DBD seperti pengobatan gratis, pemberian bubuk abate dan fogging fokus.

"Kasus DBD ini bisa terus meningkat. Jika, tidak dilakukan pencegahan, akan berakibat fatal. Dengan diresmikannya gerakan serentak pengendalian penyakit DBD, harapannya bisa memutus mata rantainya,"ujar Pitka, Rabu (4/3).

"Sekarang ini, lebih baik kita mencegah dari pada mengobati. Saya berharap para warga, bisa menjadi motor pengerak untuk melakukan pencegahan penyakit DBD. Caranya, dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dilingkungan sekitar tempat tinggalnya secara serentak. Selain itu, pencegahan DBD bisa dilakukan dengan cara 3 M (Menguras, mengubur dan Menutup) tempat penampungan air,"imbuhnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Palas, Bambang Priyanto, SKM, M.Si mengatakan, dalam mengendalikan DBD di wilayah Kecamatan Palas, telah dibentuk tim gerak cepat yang bertujuan tim dapat lebih aktif lagi dalam memberikan penyuluhan tentang, pencegahan penyakit DBD yang ditularkan oleh nyamuk Aidies Aigepty.















Pewarta: Jepi

Komentar Pembaca

Copyright © 2017 nusantara9news.com
Tim Redaksi | Kontak Kami