Tanggul Jebol

PALAS - Jebolnya tanggul Penangkis DAS Way Pisang di Dusun Rantau Makmur, Desa Sukabakti, Kecamatan Palas dan menggenangi ratusan hektar lahan pertanian. Mendapat simpati dari Bupati Lampung Selatan, Hi. Rycko Menoza. SZP, SE, SH, MBA dengan meninjau ke lokasi, Rabu (18/2). 

Kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Lampung Selatan, orang nomor satu ini meminta agar segera mengambil langkah perbaikan terhadap tanggul yang jebol. Selain itu, sesegara mungkin berkoordinasi dengan Balai Besar Sungai Mesuji dan Sekampung (BBSMS) agar tanggul segera diperbaiki secepatnya.

Agar tidak mengkawatirkan para petani, saya minta tanggul yang jebol segera diperbaiki. Mengingat intensitas hujan masih tinggi, dikawatirkan lahan sawah petani akan kembali dilanda banjir. Masalah ini secepatnya diatasi dan harus dipikirkan, karena petani bergantung dengan lahan yang sekarang menjadi ancaman banjir,"kata Rycko.

Kepala Dinas PU Lamsel, Ir. Yansen Mulya mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BBSMS untuk memperbaiki tanggul tersebut. Selain itu, dalam waktu dekat alat berat (ekskavator) akan segera turun untuk memperbaiki tanggul yang jebol. "Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi,  alat berat sudah bisa diturunkan untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Saya berharap, kepada perangkat Desa dan Dusun untuk sama-sama memantai perbaikan tanggul,"kata Yansen Mulya.

Mendengar Bupati Lamsel telah memerintahkan kepada DPU Kabupaten Lamsel memperbaiki tanggul yang jebol, mendapat respon dari masyarakat. Mereka berharap, tanggul yang diperbaiki nantinya tidak mengakibatka banjir lagi. Sehingga tanaman yang ditanam petani bisa aman hingga panen nanti.

"Kami sangat bersyukur sekali Bapak Bupati mau melihat dari dekat tanggul yang jebol. Karena harapan kami sangat tergantung dengan hasil pertanian yang sekarang terkena banjir. Mudah-mudahan, kedatangan Bapak Bupati bisa segera ada upaya perbaikan dan kami bisa nyaman untuk bercocok tanam,"ujar Tumiran salah seorang petani yang menjadi korban banjir.





Pewarta: Heris

Komentar Pembaca

Copyright © 2017 nusantara9news.com
Tim Redaksi | Kontak Kami