Kriminal

Simpan Blackberry Curian, Syahroni Diamankan Polisi

Sidomulyo - Tim Buru Sergap Polsek Sidomulyo, berhasil mengamankan Syahroni (22) warga Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo, Sabtu (14/2) sekitar pukul 17.00 WIB. Pelaku berhasil diamankan saat melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Kotadalam, tepatnya di depan SPBU Kotadalam.

Tertangkapnya pelaku, berdasarkan laporan korban Andri Setiawan, Warga Dusun Umbul Keong, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo. Korban kehilangan sepeda motor Honda Beat nomor Polisi BE 4980 EB dan satu unit telpon blackberry.

Kapolsek Sidomulyo, Iptu Aristianto Budi Sutrisno mendampingi Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Hengki, SIK, M.Hum mengatakan, penangkapan pelaku berdasarkan laporan korban yang kehilangan harta bendanya dirumahnya pada hari Rabu (21/1) lalu.

Setelah melakukan penyelidikan tindak pidana pencurian tersebut, lanjut Aris, Polisi melakukan pengecekan melalui nomor PIN BlackBerry yang hilang. Setelah PIN aktif, pihaknya mencari tahu siapa yang menggunakan BlackBerry tersebut.

"Setelah mendapat laporan korban, kami langsung perintahkan kepada anggota untuk melakukan penyelidikan. Kami awalnya memang sudah ada informasi terhadap pelaku yang dicurigai melakukan aksinya. Benar saja, dari nomor PIN Blackberry yang dicuri, kami bisa lacak dan akhirnya membekuk pelaku,"ujar Aristianto Budi Sutrisno, Minggu (15/2).

Perwira pertama jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 2010 ini menambahkan, pelaku akan dijerat dengan pasal 363 jo 480 KUHP. Karena selain melakukan aksi pencurian, pelaku juga terlibat aksi sebagai penadah barang curian.

"Kenapa kita sangkakan pasal berlapis yakni 363 dan 480. Pelaku tidak mengaku sebagai pencuri, tetapi sebagai penadah barang curian. Tetapi ini masih kita kembangkan lebih lanjut dan mencari pelaku utamanya. Mudah-mudahan kita bisa secepatnya mengungkap kasus ini,"imbuhnya.

Pelaku mengaku, selama ini tidak pernah mau ikut diajak melakukan pencurian sepeda motor. Bahkan saat Polisi menanyakan beberapa aksi pencurian yang dilakukan di Kecamatan lain juga disangkalnya. {Saya tidak melakukan pencurian dan saya tidak mau kalau diajak melakukan aksi tersebut,"ujar Syahroni. 

Pewarta: Heris

Komentar Pembaca

Copyright © 2017 nusantara9news.com
Tim Redaksi | Kontak Kami