Delapan Dubes Kagum Saksikan Festival Kalianda

Nusantara9news.com, Kalianda – Event internasional bertajuk “Festival Kalianda 2018” berlangsung semarak. Ribuan peserta pawai adat dan budaya mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Radin Inten, Kalianda, Sabtu (5/5/2018).

Kegiatan yang mengangkat tema “ The Real Of Krakatau” itu dihadiri 8 Duta Besar (Dubes) dari Negara sahabat. Antara lain, Dubes Kerajaan Yordania, Dubes Maroko, Dubes Bangladesh, Dubes Serbia, Dubes Georgia, Dubes Tunisia, Dubes Equador, dan Dubes Qatar.

Bupati Lampung Selatan, DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum mengaku senang melihat ribuan peserta Festival Kalainda yang cukup memukau. Dirinya berharap, kegiatan itu dapat membangkitkan adat budaya yang ada di Lampung Selatan.

“Mudah-mudahan Festival Kalianda yang baru pertama diselenggarakan di ibukota Lampung Selatan ini, mampu mengangakat harkat dan derajat masyarakat adat. Khususnya adat 6 Marga dan seluruh adat nusantara yang ada di Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Zainudin.

Dikatakan Zainudin, selain sebagai wahana hiburan bagi masyarakat, dia berharap event tahunan itu bisa membuat nama Lampung Selatan dikenal diberbagai penjuru dunia.

Dengan kehadiran para delegasi dari berbagai negara itu, diharapkan juga bisa memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan.

“Semoga ini bisa membuka mata para delegasi negara-negara sahabat yang ada. Insya Allah ini akan membawa kabar gembira mendatangkan investor untuk berinvestasi dibidang pariwisata, perkebunan, pertanian, kelauatan, peternakan, termasuk industri perdagangan. Sehingga akan memberikan stimulan bagi pertumbuhan ekonomi di waktu yang akan datang,” kata adik kandung Ketua MPR RI ini.

Sementara, perwakilan Dubes 8 negara, H. E. Mr. Ahmed, merasa kagum dengan kekayaan dan keberagaman adat budaya yang ada di Lampung Selatan. Ia pun menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Lampung Selatan menjaga kesenian rakyat, dan kedamaian ditengah perbedaan agama, serta suku dan budaya.

“Setelah melihat banyaknya seni, suku, dan budaya yang ditampilkan tadi, saya yakin Lampung Selatan bisa meningkatkan pariwisata yang kemudian menjadi sumber pendapatan bagi masyarakatnya,” kata Dubes dari negara Qatar ini. (*)

Add Comment