Dana Desa 2019, Desa Kulur Majalengka Membangun Poskesdes dan 32 Titik PJU

Nusantara9News.com, Majalengka
Pemerintahan Desa Kulur, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, penerapan Dana Desa (DD) 2019 tahap pertama pembangunan fasilitas sarana dilaksanakan. Diantaranya, meneruskan pembangunan Pos Pelayanan Kesehatan Desa (Poskesdes), membangun TPT, dan Penerangan Jalan Umum (PJU)

Kepala Desa Kulur, Yusuf Hariri disampaikan Sekertaris Desa, Oyon Suryana mengatakan, hasil musyawarah yang disampaikan warga selain melengkapi sarana pelayanan kesehatan dan membangun TPT ditiap blok. Penerangan Jalan Umum (PJU) menjadi tujuan utama guna menerangi akses perlintasan jalan agar tidak gelap pada malam hari.

“Pemasangan tiang PJU di desa kami akan dilakukan dalam waktu dekat ini dengan memasang pada 32 titik di masing masing blok, mengingat selama ini akses jalan tersebut merupakan perlintasan masyarakat yang gelap gulita saat malam hari.” ujarnya. Minggu, (26/05/2019)

Menurutnya, kawasan yang gelap gulita atau kurang penerangan lampu jalan dirasakan masyarakat kurang semarak. Oleh sebab itu, dengan adanya PJU akan menjadikan nuansa lingkungan diseluruh desa menjadi semarak, lebih terlihat keindahannya dimalam hari dan bisa meminimalisir indikasi rawan kecelakaan, juga kejahatan di titik-titik tertentu.

Dia mengemukakan, biaya untuk pemasangan PJU ini menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 yang dikucurkan oleh pemerintah pusat guna membangun desa.

“Untuk sumber daya PJU ini masih akan kami bahas apakah nantinya menggunakan listrik atau tenaga surya,” tegasnya.

Selain PJU, lanjut dia, pada 2019, pihaknya juga akan melengkapi sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yaitu meneruskan pembangunan Poskesdes juga membangun TPT atau senderan di enam blok dan kegiatan tersebut lagi berjalan pengerjaannya di empat blok. ** (Soni Anthinx /Red)

Add Comment