Bumdes Wajib Buat LPJ di Akhir Tahun

Nusantara9news.com, LAMPUNG SELATAN-Keberadaa Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Lampung, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang tinggal di pedesaaan. Namun, pengelola Bumdes juga harus membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ) tepat waktu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Ekonomi Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Lampung Selatan, Sampoerno, SIP dihadapan pengelola Bumdes se-Kecamatan Way Panji, di Balai Desa Sidomakmur, Rabu (2/5).

“Laporan keuangan wajib dilaksanakan oleh Unit Usaha yakni Bumdes agar selesai dibuat akhir tahun 2018. Makanya dengan adanya pelatihan ini, aka nada evaluasi serta control terhadap berjalannya Bumdes di setiap Desa,” ujar Sampoerno.

Kepada pengelola Bumdes, Sampoerno menegaskan, harus ada laporan resmi Bumdes kepada Komisaris yakni Kepala Desa. Komisaris nantinya juga memberikan laporan kepada masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Masyarakat harus tahu kalau di Desa ini ada Bumdes yang tujuannya untuk kepentingan masyarakat. Untuk itu, laporannya harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Kalau kurang faham, bisa konsultasi ke pendamping desa atau ke BPMD,” imbuhnya. (AP)

Add Comment