Binmas Polda Jabar Tinjau Lomba Poskamling Di Desa Jerukleueut – Majalengka

Nusantara9news.com, Majalengka (Jawa Barat) – Lomba Poskamling di beberapa tempat oleh Kepolisian Resort Majalengka sekaligus Hut Bhayangkara ke 72 tahun 2018 bertujuan memberi motivasi dan semangat masyarakat terhadap kepedulian akan terciptanya suasana aman dan nyaman diwilayahnya.

Tim panitia dalam pelaksanaan Penilaian Poskamling yaitu, Kasat Binmas Polres Majalengka AKP. Kustadi, SH dan Kapolsek Sindangwangi Iptu H. Edy Purwanto S.Pdi,. Selain itu juga hadir Kasubdit Binpuan Dit Binmas Polda Jabar AKBP Entis Sutisna, SH dan Kasubdit Polmas AKBP Lilis Mulyani, SH berserta rombongan secara langsung meninjau kegiatan penilaian Poskamling Tingkat Polda Jabar, di Blok Pon, Rt 03/03, Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Senin (07/05/2018).

Dari keterangan yang disampaikan Kasubdit Bin Puan Dit Binmas (Polda Jabar) AKBP Entis Sutisna SH, menjelaskan tentang tata cara kinerja Poskamling yang baik dan benar serta tata cara penanganan kejadian dan memelihara Kamtibmas, bahkan selain itu jika ada beberapa pertanyaan kepada para awak Poskamling, sebagai petugas ronda disamping menjaga ketertiban dan keamanan wajib juga membantu penyelesaian akan adanya perselisihan di masyarakat sebagai unsur tupoksi FKPM. Seperti dalam permasalahan ringan yang terjadi dan bisa diselesaikan, dan mencantumkan himbauan tercantum seperti Tamu Wajib Lapor 1 X 24 jam.

Masih dalam uraian penjelasannya, dalam hal antisipasi kejadian pada saat kegiatan Ronda / Kamling wajib dan harus dibawa di antaranya Borgol, senter, Fungsi P3K. Dalam hal ini Awak Poskamling wajib mengetahui FKPM dan 3 (Tiga) Pilar dan No Telepon masing-masing Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa dan penguasaan nada Bunyi Suara jenis kentongan kejadian harus diketahui oleh warga dan cara pemberitauan himbauan kamtibmas serta saat membangunkan warga di waktu saur tiba.

“Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini diharap dapat menumbuhkan kembali siskamling di tengah-tengah masyarakat karena saat ini siskamling seakan-akan sudah terabaikan dan tidak nampak ditengah masyarakat. Apresiasi ini saya mengucapkan terimakasih karena daerah khususnya di Jawa Barat sudah kondusif, ini merupakan peran aktif dari seluruh warga masyarakat untuk mau dan peduli menjaga kamtibmas.” ujarnya.

Kapolres Majalengka AKBP. Noviana Tursanurohmad,SIk,MSi melalui Kasat Binmas Akp Kustadi SH, secara bersamaan didampingi Kapolsek Sindangwangi, Iptu H. Edy Purwanto S.Pdi berharap bisa terpilih sebagai Poskamling terbaik untuk bisa menjadi juara tingkat Provinsi Jawa Barat, dan menjadi motivator sebagai motor penggerak bagi warga binaanya untuk sama-sama mewujudkan kamtibmas yang mantap dengan melibatkan warga dalam upaya pencegahan dan pengamanan di wilayah binaannya. ** (Sigit).

Add Comment

error: Jangan Di Copy Ya...