Bibit Pisang Ambon Dua Tandan Siap Dikembangkan di Lamsel

LAMSEL – Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikutlura (DTPPH) Lampung Selatan terus melakukan inovasi dengan cara mengaplikasi bibit kultur jaringan. Saat ini sudah ada bibit pisang ambon dua tandan, kapok yang siap dikembangkan oleh petani di Lampung Selatan.

Kepala Bidang Perkebunan DTPPH, Zulvina Ratnasari mengaku, laboratorium yang dimiliki DTPPH Lamsel telah melakukan uji coba pengembangan bibit kultur jaringan. Rencananya tahun ini, bibit tersebut akan di uji coba dilahan perkebunan yang dimiliki DTPPH Lamsel.

“Rencananya tahun ini akan kita cba di lahan kebun percontohan. Kalau ini berhasil, tentu akan kita kembangkan lebih lanjut. Harapannya tentu petani bisa menikmati hasil perkebunan pisang yang lebih meningkat,” ujarnya, Senin (6/8/18).

Keberadaan laboratorium itu sendiri menurut Mbak Vina panggilan sehari-harinya mengaku sangat terbatas anggaran yang dimiliki. Sehingga masih banyak kekurangan peralatan untuk pengembangan bibit kultur jaringan.

“Kita sebenarnya sudah memiliki gedung yang mumpuni untuk mengembangkan bibit unggulan. Kita sudah rekrut alumni dari Polinela. Harapan kami ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten, sehingga kami bisa terus berinovasi,” imbuhnya.

Sapri Maryadi yang mengelola laboratorium pembibitan kultur jaringan mengatakan, ada perda khusus yang bisa menjadi payung hukum pengelolaan pengembangan pembibitan pada laboratorium pembibitan kultur jaringan yang ada di dinas tersebut. Perda khusus ini dibutuhkan, sebagai payung hukum untuk pengembangan kedepannya.

“Selain kita, Kabupaten Pringsewu juga memiliki pengembangan pembibitan kultur jaringan seperti ini. Mereka telah memiliki perda khusus, sehingga hasil dari pengembangannya sudah dilepas. Dan ini memberikan PAD (pendapatan) bagi daerah,”ujar Sapri. (AP)

Add Comment

error: Jangan Di Copy Ya...